Sukses

Ini Penampakan Hantu Paling Terkenal di Inggris 'Grey Lady'?

Pasangan Dean dan Amy Harper kaget bukan kepalang saat melihat foto hasil jepretan mereka di Kastil Dudley: sosok diduga hantu.

Liputan6.com, Dudley - Pasangan Dean dan Amy Harper sedang melihat foto-foto liburan mereka ke Kastil Dudley atau Dudley Castle pekan sebelumnya. Apa yang mereka lihat bikin kaget bukan kepalang: sosok diduga hantu.

Suami-istri dari Birmingham, Inggris itu ternyata memotret kelebat bayangan mengerikan dengan ponsel mereka. Itu  mungkin adalah salah satu hantu paling terkenal sekaligus legendaris di Britania Raya: 'Grey Lady' yang konon menghantui Kastil Dudley selama berabad-abad.

Penampakan itu tertangkap kamera saat pasangan tersebut mengambil gambar halaman yang jadi atraksi turis. Saat itu mereka tak menjumpai keanehan apapun. Apalagi melihat sosok kabur berwarna abu-abu muncul di gerbang di bawah jendela bawah -- seperti yang ada dalam foto.

"Saat melihat-lihat foto malam itu, Amy melihat seolah ada cahaya di salah satu jendela bagian atas. Saat memperbesar tampilan gambar, kami menyadari di bagian bawahnya, di dalam lengkungan, ada bayangan seorang lady dan seorang anak kecil," kata Dean Harper kepada Birmingham Mail, seperti dimuat News.com.au, Rabu (8/10/2014).

"Tak satupun dari kami adalah pemburu hantu. Namun, kami menduga itu adalah hantu Grey Lady -- apa yang terlihat di foto benar-benar jelas.

Bangunan kastil lawas itu ada dalam daftar tempat paling horor di Inggris. Grey Lady hanya 1 di antara 'penghuninya'.

Berdasarkan legenda, hantu tersebut adalah Dorothy Beaumont, yang meninggal dunia bersama bayi perempuannya -- sesaat setelah melahirkan. Keinginan terakhirnya untuk dimakamkan bersama sang putri dan agar suaminya hadir dalam upacara pemakaman, tak dipenuhi. Konon, karena itu lah arwahnya gentayangan.

Sejarah



Kastil Dudley berada di Castle Hill dekat Dudley di West Midlands. Lepas dari kisah horor, itu adalah bangunan bersejarah.

Sejarawan menduga, sejarah bangunan itu terkait Penaklukan Normandia tahun 1066. Dibangun oleh salah satu pengikut William Sang Penakluk, Ansculf de Picquigny pada sekitar tahun 1070. Dengan kayu.

Selama berabad-abad, kastil tersebut mengalami sejumlah renovasi, diganti batu. Ukurannya pun membesar. Ratusan tahun kemudian, tempat itu menjadi markas kubu Royalis selama Perang Saudara di Inggris pada tahun 1642 hingga 1651.

Kastil itu pernah dikepung 2 kali sebelum dikuasai pasukan Cromwell pada 1646. Parlemen kala itu memerintahkan sebagian bangunannya dihancurkan. Sisa benteng yang masih tersisa terbakar pada tahun 1750.

Namun, pada Abad ke-19 situs tersebut dianggap  'Romantic Ruin'. Sejumlah bagiannya kembali dibangun.

Sejak itu, Kastil Dudley digunakan untuk acara besar dan kontes. Pada tahun 1937, Ketika Dudley Zoo didirikan, area lapangan dalam benteng diambil jadi bagian kebun binatang.

Dan kini, ia punya reputasi sebagai salah satu istana yang paling berhantu di Inggris. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.