Sukses

Ahok 'Kantongi' Nama Dalang Demo Rusuh FPI

Ahok mengaku, sebelum mendapat laporan siapa dalang unjuk rasa tersebut, tidak yakin kalau aksi didalangi pihak-pihak tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku sudah mengetahui siapa dalang di balik unjuk rasa anarkis Front Pembela Islam (FPI) di Gedung DPRD DKI dan Balaikota DKI Jakarta. Unjuk rasa penolakan Ahok sebagai gubernur DKI itu menyebabkan belasan polisi terluka.

"Kita ada laporan intel kok. Tapi itu rahasia," ujar Ahok di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/10/2014).

Maka itu, Ahok meminta agar laporan dalang kericuhan tersebut segera ditindak lanjuti kepolisian. Termasuk, siapa pihak yang membiayai aksi yang juga melukai personel Satpol PP itu. ‎"‎Makanya kita minta polisi cari siapa yang biayain, ini harus dicari," kata dia.

‎Ahok mengaku, sebelum mendapat laporan siapa dalang unjuk rasa tersebut, tidak yakin kalau aksi didalangi pihak-pihak tertentu. Namun di satu sisi, dia menilai tidak mungkin dalam sebuah aksi unjuk rasa yang dinilai politis itu, terjadi tanpa ada pihak lain yang mensponsori.

"Nggak, kita nggak yakin. Makanya kita minta polisi selidiki supaya bisa tahu siapa yang bayarin. Kan kalau setiap demo butuh biaya, butuh makan, segala macam‎," kata dia.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto sebelumnya menilai, aksi demo anarkis massa FPI yang menolak Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta itu, sarat bermuatan politis.

"Ini kental dengan politik yang sedang berkembang di Pemda DKI Jakarta," ujar Rikwanto beberapa waktu lalu.

Kendati, kata Rikwanto, pihaknya tetap akan mengusut kasus tersebut secara profesional dan berdasarkan hukum yang berlaku. "Tapi yang kita tangani ini urusan hukum," tegas Rikwanto.‎ (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.