Sukses

Jalan M1 Bandara Soekarno-Hatta Resmi Ditutup

Penutupan Jalan M1 dilakukan oleh pejabat dari PT AP II, yang juga melibatkan kepolisian Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Tangerang - Tepat pukul 10.00 WIB, Jalan M1 Bandara Soekarno-Hatta Kota Tangerang resmi ditutup. Tak ada lagi yang diperbolehkan melintasi area tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (7/10/2014), penutupan dilakukan oleh pejabat dari PT AP II, yang juga melibatkan kepolisian Polres Bandara Soekarno-Hatta. Penutupan akses jalan dilakukan dengan menggunakan kanstin plastik.    

"Iya, kita sudah resmi menutup pintu M1 dan kendaraan akan dialihkan ke Jalan Parimeter Selatan dan Utara," ujar Humas Angkasa Pura, Yudis Tiawan, saat ditemui di lokasi.

Berdasarkan data AP II, jumlah kendaraan yang melewati pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta mencapai 4 ribu unit. Dengan rincian 60 persen hanya lewat, sisanya hanya 40 persen sebagai penumpang.   

Menanggapi penutupan akses Jalan M1 Bandara Soetta, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menolak rencana penutupan tersebut. Alasannya, karena penutupan secara permanen tidak diimbagi dengan sarana jalan alternatif.

"Dan hanya sekedar memindahkan kemacetan ke Kota Tangerang saja. Kami hanya kebagian macet dan bising saja," keluh Arief.

Padahal, berdasarkan hasil rapat bersama di Sekretariat Wapres, rencana penutupan bisa dilakukan dengan syarat. Yakni Kementerian PU membangun penambahan Jembatan Rawa Bokor dan percepatan Tol Kunciran-Bandara Soetta sebagai jalan alternatif.

"Tapi ini seakan berjalan sendiri. Buat apa ada rapat saat itu," pungkas Arief. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.