Sukses

5 Jet F16 dan Sukhoi Sambut SBY di HUT ke-69 TNI

Sejumlah pejabat teras dan petinggi TNI sudah memenuhi lokasi acara di Pangkalan Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Rangkaian acara puncak HUT ke-69 TNI sudah dimulai. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin langsung sebagai inspektur upacara.

Sejumlah pejabat teras dan petinggi TNI sudah memenuhi lokasi acara di Pangkalan Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (7/10/2014), upacara dimulai dengan parade prajurit dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Mereka sempat menyerukan yel-yel dari masing-masing angkatan. Setelah selesai, SBY kemudian masuk ke mimbar kehormatan.

Sesaat setelah SBY memasuki mimbar kehormatan, langit Dermaga Ujung sudah dihiasi dengan alutsista baru milik TNI AU. 5 Jet tempur F16 melintas tepat di atas mimbar kehormatan menuju arah utara. Mereka membentuk formasi seketika berpencar.

Tak hanya itu, satu pesawat Sukhoi menyusul tepat di belakang barisan F16. Aksi pertama Sukhoi terbang sendiri, ini dihiasi dengan penembakan beberapa peluru ke arah laut. Langit Surabaya pun menjadi meriah.

Setelah itu, SBY yang mengenakan jas warna hijau lengkap dengan baret berbintang 4 berwarna senada melakukan pemeriksaan pasukan. Ia pun menaiki mobil Jeep dengan didampingi kedua ajudan, memeriksa ribuan pasukan TNI yang berbaris di depannya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.