Sukses

Jembatan Jamarat, Akomodasi untuk Lempar Jumrah

Proyek perluasan tempat melempar jumrah di Mina, pinggiran Kota Mekah, Arab Saudi telah selesai dikerjakan.

Liputan6.com, Arab Saudi - Proyek perluasan tempat melempar jumrah di Mina, pinggiran Kota Mekah, Arab Saudi telah selesai dikerjakan. Bangunan megah berlantai 4 ini mampu menampung jutaan Jemaah Haji yang tak henti mengalir untuk melakukan prosesi melempar jumrah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (7/10/2014), pusat pelemparan jumrah dihubungkan dengan Jembatan Jamarat yang dirancang untuk mengalirkan jemaah haji masuk dan keluar tempat melempar jumrah.

Keberadaan jembatan ini terbukti mampu mengakomodasi ribuan anggota jemaah haji untuk melakukan ritual jumrah tanpa perlu berdesak-desakan.

Para petugas pun juga disiagakan untuk memastikan jemaah terus berjalan agar tidak menghalangi arus jemaah haji lain yang akan  melempar jumrah.

Jembatan Jamarat mampu mengakomodasi 5 juta anggota jemaah haji dengan 10 pintu masuk dan 12 pintu keluar di tiap tingkat. Selain itu masih terdapat sejumlah pintu lagi yang disiapkan untuk jemaah yang datang dari arah berlawanan.

Dari seluruh rangkaian ibadah haji, lempar jumrah merupakan kegiatan yang paling berat. Ibadah ini wajib dilakukan, tapi lokasinya cukup jauh dari pemondokan, yakni sekitar 6 hingga 8 kilometer dari pemondokan.

Baca juga:

Setelah Jumrah Aqabah, Jemaah Haji Lempar Jumrah Kedua

Ritual Lempar Jumrah dan Tahalul Jemaah Haji di Tanah Suci

Lempar Jumrah, Menag Sempat Bikin Anggota Rombongan Keteteran

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.