Sukses

Peringati HUT TNI, Kopral Bagyo Jalan Jongkok

Kopral Bagyo mengatakan aksi jalan jongkok ini sebagai bagian dari memperingati HUT TNI.

Liputan6.com, Solo - Beragam cara dilakukan untuk memperingati HUT TNI yang jatuh setiap 5 Oktober. Dalam peringatan HUT ke-69 ini, salah satu prajurit TNI di Solo, Kopral Kepala (Kopka) Partika Subagyo berjalan jongkok 1,5 kilometer di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah.

Pantauan Liputan6.com, Senin (6/10/2014), Kopka Subagyo yang merupakan anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) 4/IV Surakarta menggelar aksi tunggal.

Dengan mengenakan seragam TNI lengkap, pria yang kerap disapa Kopral Bagyo itu melakoni aksi jalan jongkok dengan didampingi sejumlah rekannya. Dia harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer, mulai dari Kawasan Ngarsopuro hingga Bundaran Gladak.

Saat jalan jongkok itu, Kopral Bagyo membawa bendera Merah Putih dan poster. Poster itu bertuliskan Dirgahayu TNI 69, alutista yang mantab, mental yang kuat, kompak sesama aparat, nyamankan hati rakyat menuju bangsa yang hebat.

Tak pelak aksi tentara tersebut menjadi pusat perhatian warga serta para pengguna jalan yang sedang melintas. Mereka pun tak lupa mengabadikan aksi langka jalan jongkok yang dilakukan oleh prajurit TNI.

Kopral Bagyo mengatakan aksi jalan jongkok ini sebagai bagian dari memperingati HUT TNI. Ia sengaja memilih aksi dengan jalan jongkok sebagai simbol bahwa TNI harus siap fisik dan mental. "Aksi ini atas inisiatif sendiri, " tutur Kopral Bagyo.

Usai berhasil jalan jongkok sejauh 1,5 kilometer, Kopral Bagyo juga melakukan aksi sosial. Ia membagikan 300 nasi bungkus untuk tukang becak, loper koran, dan pejalan kaki di kawasan Geladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini