Sukses

Massa Desak KPK Tuntaskan Kasus Hambalang dan Kereta Hibah Jepang

Demonstran juga menggelar aksi teatrikal dengan menggunakan topeng koruptor.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah orang yang tergabung dalam Masyarakat Bersama Anti Korupsi (Mabes Anti-Korupsi) mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/10/2014). Mereka mendesak Abraman Samad cs segera menuntaskan sejumlah kasus besar yang ditangani KPK.

Salah satunya adalah kasus proyek Hambalang di Bogor, Jawa Barat. Massa meminta KPK menyelesaikan perkara yang telah menjerat nama mantan elite Partai Demokrat seperti Andi Mallarangeng dan Anas Urbaningrum.

Demonstran juga menuntut KPK segera memeriksa Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang namanya kerap disebut dalam penyelesaian perkara ini.

"Kasus Hambalang masih menyisakan tanya. Nama Ibas yang pernah disebut sampai sekarang tidak tersentuh," teriak salah satu pengunjuk rasa, Rahman Latuconsina di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Mereka juga mendesak KPK menuntaskan perkara dugaan korupsi pengadaan kereta hibah dari Jepang yang dianggapnya melibatkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa. "Kasus korupsi kereta hibah dari Jepang, dulu Hatta Rajasa Menhubnya. Tapi kasusnya tenggelam," kata Rahma.

Pada kesempatan tersebut, Rahman juga berharap pemerintahan selanjutnya yang dipimpin Jokowi-JK tidak melibatkan sejumlah pihak yang dianggap berpotensi terjerat kasus hukum yang ditangani KPK. Karena, hal itu jelas dapat mempengaruhi proses hukum yang dilakukan KPK.

"Apalagi jika mereka bergabung dengan pemerintahan yang baru. Mereka akan semakin leluasa dan tidak tersentuh. Kami haramkan mereka bergabung dengan Jokowi-JK," teriak Rahman.

Selain membawa spanduk raksasa bergambar Ibas dan Hatta, demonstran juga menggelar aksi teatrikal dengan menggunakan topeng koruptor yang diikat dengan rantai, lengkap dengan baju tahanan.

Meski terjadi unjuk rasa, kondisi lalu lintas di depan Gedung KPK tetap lancar. Petugas kepolisian yang mengawal demonstran juga turut menertibkan arus kendaraan, khususnya dari arah Menteng ke Mampang. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Politikus, mantan menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua PAN, Calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.
    Politikus, mantan menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua PAN, Calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

    Hatta Rajasa

  • Ibas

Video Terkini