Sukses

Polisi Bidik Pihak Tertentu di Balik Aksi Anarkis FPI

Polisi juga tengah memburu Habib NV yang menjadi penanggung jawab unjuk rasa FPI.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya masih mendalami adanya pihak-pihak tertentu di balik aksi unjuk  rasa anarkis yang dilakukan Front Pembela Islam (FPI) di Balaikota DKI Jakarta dan Gedung DPRD DKI Jakarta pekan lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya masih menampung adanya dugaan-dugaan yang mengarah ke pihak tertentu di balik tindakan anarkis FPI.

"Dugaan-dugaan kita tampung namun yang mengarah keterlibatan pihak tertentu masih didalami. Kalau belum ada bukti kita tidak fokuskan dulu ke sana," kata Rikwanto di Polda Metro Jaya, Senin (6/10/2014).

Selain masih mendalami adanya pihak-pihak tertentu yang diduga berada di balik aksi anarkis FPI, polisi juga tengah memburu Habib NV yang menjadi penanggung jawab unjuk rasa FPI di depan Gedung DPRD DKI. Habib NV sebelumnya tak memenuhi panggilan polisi.

"Masih proses pencarian atas NV. Namun saat ini masih belum bertemu," ucap Rikwanto.

Sebelumnya FPI menggelar unjuk rasa di di Balaikota DKI Jakarta dan Gedung DPRD DKI Jakarta pada Jumat 3 Oktober 2014 pekan lalu. Mereka menyatakan menolak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Aksi anarkis FPI dengan melemparkan batu dan tinja tersebut telah menyebabkan 11 polisi terluka. Sejauh ini, 21 anggota FPI telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, 21 anggota FPI dianggap telah melawan hukum pada aksi anarkis saat demo di Balaikota. "Mereka bertindak anarkis dengan melempar batu kepada aparat pada aksi di Balaikota dan DPRD DKI Jakarta kemarin," ujar Rikwanto. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini