Sukses

Idul Adha, Israel izinkan Warga Gaza ke Masjid Al-Aqsa

Izin ke Masjid Al-Aqsa saat Idul Adha ini pertama kalinya dalam 7 tahun terakhir.

Liputan6.com, Yerusalem - Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah mendatangkan berkah tersendiri bagi warga Gaza, Palestina. Sekitar 500 warga Gaza beribadah di Masjid Al-Aqsa saat hari raya kurban tersebut.

Ratusan warga Palestina dari Gaza mendapat izin dari Israel untuk mengunjungi salah satu tempat suci Islam, Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

"500 warga Gaza mengunjungi Al-Aqsa pada hari Minggu 5 Oktober untuk merayakan Hari Raya Idul Adha," ucap seorang juru bicara militer Israel, seperti dilansir BBC yang dikutip Liputan6.com, Minggu (6/10/2014).

Namun, pihak militer Israel menekankan, hanya yang berusia 60 tahun ke atas yang diizinkan ke masjid tersebut.

Adapun kelompok pertama tiba di Masjid Al-Aqsa pada pagi hari. Mereka diperkenankan berada di sana hingga pukul 15.00 WIB waktu setempat, sebelum dibawa kembali ke perbatasan Gaza.

"Saya tidak pernah ke sini selama 35 tahun terakhir. Semua sudah berubah," tutur Dallaleh Fayyad, yang mengenakan abaya hitam dan selendang biru.

Momen ini adalah kali pertama dalam tempo 7 tahun terakhir pihak Israel memberikan izin berkunjung ke masjid suci bagi kaum muslim tersebut.

Israel menerapkan pembatasan perjalanan yang ketat bagi warga Gaza setelah kawasan itu dikuasai oleh kelompok militan Hamas. Dan kini saat Idul Adha, hanya yang berusia 60 tahun ke atas yang mendapat izin ke Al-Aqsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini