Sukses

Sebagian Muslim di Jakarta, Solo, Surabaya Laksanakan Salat Id

Ratusan umat muslim, Sabtu pagi tadi menjalankan salat ied di Kantor DPP Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan umat muslim, Sabtu pagi tadi menjalankan salat Id di Kantor DPP Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat setelah Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Dewan Dakwah Islamiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha dirayakan hari ini.

Keputusan ini diambil berdasarkan metode hisab lewat perhitungan matematis. Hal ini berbeda dengan keputusan Menteri Agama yang menetapkan 10 Dzulhijah, jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014dengan metode rukiyah atau dengan mengamati penampakan bulan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (4/10/2014), di Solo, Jawa Tengah umat mengikuti salat Idul Adha di Keraton Kasunanan Surakarta. Salat id ini dipimpin imam dan khotib Ustaz Humam Mulyadi. Seluruh jemaah dengan khusyuk mengikuti lantunan ayat suci yang dibacakan sang imam serta menjalankan salat walaupun harus berdesakan.

Dalam khotbahnya sang ustaz mengajak segenap umat Islam yang salat id hari ini untuk saling menghormati perbedaan sesama umat muslim. Salat di kompleks keraton ini memang menghadirkan suasana berbeda. Akibat membludaknya jemaah, Jalan Sasono Budoyo ditutup hingga 100 meter.

Pelaksanaan salat Idul Adha warga Muhammadiyah Surabaya di depan Kantor Gubernur, Jawa Timur di Jalan Pahlawan juga berlangsung Khusyuk dan Khidmat. Dalam khotbahnya ustaz Muhalimin Maher berpesan agar umat tidak mempermasalahkan perbedaan Idul Adha tahun ini. (Ein)

Baca juga:

Mahasiswa IPB Periksa Hewan Kurban, Jemaah Muhammadiyah Salat Id

'Perbedaan Merupakan Karunia Allah'

Ribuan Jemaah Muhammadiyah Salat Idul Adha Hari Ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.