Sukses

Meriahnya Karnaval Batik Nasional

Pelajar Sekolah Dasar di Banyuwagi, Jawa Barat antusias mengikuti lomba mencanting batik dengan didampingi guru.

Liputan6.com, Cirebon - Peringati Hari Batik Nasional, di Jalan protokol Kartini-Siliwangi, Kota Cirebon, Jawa Barat pada Selasa 30 September, diramaikan karnaval batik yang menampilkan sejumlah kreasi batik khas Cirebon. Terutama motif megamendung khas Kampung Batik Trusmi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (2/10/2014), dengan berhiaskan Paksi Naga Liman, kereta kencana Keraton Cirebon dengan peserta berlenggak-lenggok di sepanjang jalan sejauh 2 kilometer. Karnaval batik fashion ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi ribuan warga yang menyaksikan kemeriahan acara.

Para peserta batik karnaval ini umumnya mempersiapkan pakaian dan segala macam variasi penunjangnya selama 2 minggu. Beban berat kostum batik yang dikenakan pun tak mengurangi semangat mereka.

Sementara di Banyuwangi, Jawa Timur ratusan pelajar Sekolah Dasar mengikuti lomba mencanting batik. Dengan didampingi guru, mereka antusias mengikuti arahan tentang tata cara membatik. Mereka masih kaku saat membatik dikain putih yang sudah diberi motif dasar menggunakan canting dengan malam.

Canting dengan malam yang digoreskan para pelajar di kain bermotif khas Banyuwangi, yaitu batik kangkung stingkes. Hasil membatik para pelajar pun bisa dibilang cukup bagus sebagai pemula. (Riz)

Baca juga:

Jurus Kementerian Perindustrian Kembangkan Industri Batik

Ira Wibowo Kenalkan Batik Melalui Sepeda

Tak Dilindungi, Batik Papua Terancam Punah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.