Sukses

2 Kendaraan ISIS Hancur Kena 4 Rudal Jet Inggris

Menurut Kementerian Pertahanan, kedua jet tempur awalnya terbang untuk memeriksa posisi dari yang dicurigai sebagai pusat komando ISIS.

Liputan6.com, Baghdad - Jet-jet tempur Inggris meluncurkan 4 rudal di Irak. Sasarannya: sejumlah kendaraan milik kelompok ISIS.

"Dalam serangan Selasa 30 September malam waktu setempat, 2 pesawat Tornado Agkatan Udara Inggris meluncurkan 4 rudal Brimstone ke arah truk barang bersenjata dan sebuah kendaraan pengangkut di barat Bagdad, ibukota Irak," demikian diungkap Kementerian Pertahanan Inggris seperti dimuat BBC, Rabu (1/10/2014).

Menurut Kementerian Pertahanan, kedua jet tempur awalnya terbang untuk memeriksa posisi dari yang dicurigai sebagai pusat komando dan pengendalian ISIS.

"Di lapangan, kami bisa mengidentifikasi kegiatan ISIS dan 2 kendaraan, yang salah satunya truk bersenjata," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

"4 Rudal Brimstone diluncurkan tepat ke arah 2 kendaraan itu. Analisis awal menunjukkan keberhasilan serangan itu."

Menteri pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan kepada radio LBC: "Polanya akan begitu, (jet) Angkatan Udara Inggris terbang di atas... mendukung pasukan darat (Irak dan Kurdi)".

Inggris akhirnya turun tangan langsung dalam menumpas kelompok ISIS dengan mengerahkan jet tempur Tornado setelah parlemen menyetujui serangan udara terhadap militan di Irak tersebut. 

"Kedua pesawat lepas landas dari pangkalan angkatan udara Inggris (RAF) Akrotiri di Cyprus," sebut Kementerian Pertahanan Inggris seperti dikutip dari BBC, Minggu 28 September.

Pihak kementerian menegaskan, pesawat-pesawat itu siap untuk digunakan dalam serangan untuk ISIS jika sasarannya cocok dan sudah diidentifikasi. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini