Sukses

Kriteria Calon Ketua DPR dari KMP Menurut Akbar Tandjung

Akbar Tanjung mengatakan, partai Koalisi Merah Putih memberi kepercayaan kepada partainya menjadi ketua DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) telah menentukan kriteria yang akan diajukan sebagai calon Ketua DPR periode 2014-2019. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung mengatakan, partai Koalisi Merah Putih memberi kepercayaan kepada partai berlambang Pohon beringin itu menjadi ketua DPR.

"Ketua dari Partai Golkar, sedangkan wakil dari Gerindra, PKS, PAN, dan PPP," kata Akbar, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/10/2014).

Akbar Tandjung mengatakan, adapun beberapa nama yang akan diajukan, partai koalisinya telah mempersiapkan beberapa kriteria.

"Kriteria itu, tentu pernah menjadi anggota DPR, tentu sudah punya pengalaman, perspektif organisasi, loyalitas tentu juga menjadi salah satu kriteria," tandas Akbar.

Sebuah dokumen yang diduga milik Koalisi Merah Putih beredar di dunia maya. Isinya, kesepakatan pembagian kursi di parlemen di antara anggota KMP.

Seperti yang beredar di Twitter, dokumen itu ditandatangani Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto, Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy, Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, dan Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar.

Dalam dokumen disebutkan, Partai Golkar akan mengisi jabatan ketua DPR, sedangkan wakil ketua DPR akan diberikan ke Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PPP. Adapun kursi ketua MPR diberikan kepada Partai Gerindra, sedangkan wakilnya diberikan ke Partai Golkar, PAN, PKS, PPP. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.