Sukses

Diduga 'Jual' Model, Fotografer & Penari Bugil di Jakbar Dicokok

Selain Jason, polisi juga menggelandang seorang penari telanjang bernama Celine, yang diduga ikut membantu Jason 'menjual' para model.

Liputan6.com, Jakarta - Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menangkap Jason (31), yang berprofesi sebagai fotografer. Jason diduga terlibat kasus human trafficking atau perdagangan orang. Jason diduga tak hanya memotret para modelnya, juga diduga menjajakan kepada pria hidung belang.

Kepala Unit Human Trafficking Subdit III Bareskrim Polri AKBP Arie Darmanto mengatakan, Jason ditangkap pada 10 September 2014 di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Barat.

"Pasaran harganya sekitar Rp 5 juta sampai Rp 25 juta. Modus atau pemasarannya pun dilakukan melalui broadcast Blackberry Messenger (BBM) atau Whatsup (WA)," kata AKBP Arie, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Penangkapan bermula dari laporan yang menyebutkan Jason tengah beraksi dengan menjajakan anak di bawah umur, yaitu T (15), untuk melayani pria hidung belang. Setelah diselidiki, si fotografer itu ternyata berprofesi ganda sebagai seorang mucikari alias germo. Dia menyediakan wanita yang tak lain adalah modelnya.

Arie mengungkapkan, modus yang digunakan Jason yaitu dengan cara menyebar pesan iklan. Di mana pada saat ada pria yang tertarik iklannya, langsung  terhubung dengan Jason atau pun si model.

Pria hidung belang dapat memesan wanita. Jason pun akan memberikan beberapa foto wanita dengan berbagai pose, mulai dari semi bugil hingga bugil atau telanjang bulat. Tarif pun disesuaikan.

"Biasanya berdasarkan kecantikan, seksi, tinggi, langsing, dan semi artis. Sekitar 3 ribu sampai 4 ribu model wanita dengan berbagai macam pose," ungkap Arie.

Dibantu Penari Telanjang

Arie menuturkan, dari hasil pemeriksaan sementara, Jason mengaku telah menjalankan bisnis haram tersebut selama 3 tahun. Selama menjalankan bisnis itu, semua uang hasil penjualan para modelnya masuk ke kantongnya.

Menurut Arie, ketika calon pembeli setuju dengan model pilihan dan sesuai tarif yang ditawarkan, pria hidung belang tersebut harus memberikan uang muka yang ditransfer ke nomor rekening Jason.

"Biasanya DP (down payment) separuh harga. Misal harganya Rp 10 juta, artinya dia harus mengirimkan Rp 5 juta untuk biaya taksi dan hotel," kata Arie.

Selain Jason, polisi juga menggelandang seorang striptis atau penari bugil. Dalam kasus tersebut, wanita bernama Celine itu diduga ikut membantu Jason 'menjual' para modelnya. Celine diamankan di tempat yang berbeda, yaitu di sebuah apartemen wilayah Jakarta Selatan. Bahkan Celine diamankan lebih dulu.

"Dia (Celine) membantu jual beberapa wanita, tidak semuanya. Seorang wanita berinisial C diamankan di apartemen di kawasan Jakarta Selatan. Kami tangkap seminggu sebelum J diamankan," tutup Arie. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.