Sukses

Pelajar Kendal Pawai Peringati Kesaktian Pancasila

kegiatan yang mereka lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme di hati mereka,

Citizen6, Kendal Guna memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sekaligus untuk memperkuat rasa nasionalisme di kalangan pelajar, Rabu siang,1 Oktober 2014 ratusan siswa SMK di Kendal melakukan pawai kesaktian pancasila. Pawai yang dilakukan di jalur pantura ini mendapat simpatik dari warga yang melintas.

Dengan membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan bunyi sila-sila dalam pancasila dan gambar lambang dari tiap sila, ratusan pelajar dari SMK Bina Utama Kendal melaksanakan pawai berkeliling lingkungan sekolah.  

Selain membawa lima spanduk yang diwakili tiap jurusan SMK Bina Utama setiap siswa juga membawa poster dengan berbagai macam kreasi gambar Garuda Pancasila. Mereka juga mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila sepanjang perjalanan. Lagu tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme di jiwa pelajar.



Salah satu siswa menuturkan, kegiatan yang mereka lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme di hati mereka, yang kini banyak sudah mulai luntur. Sehingga rasa cinta terhadap tanah air tetap ada. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk penerapan kurikulum 2013/ yang mereka anggap sangat menyenangkan.

Sementara itu, kepala sekolah SMK Bina Utama menjelaskan, "pawai ini untuk meningkatkan kreatifitas para pelajar,  dalam mengimplementasikan nilai luhur pancasila. Selain itu, juga untuk mengingatkan masyarakat terhadap bunyi dan lambang sila-sila pancasila sebagai salah satu dari 4 pilar kebangsaan.

Selain kegiatan pawai, peringatan hari kesaktian pancasila juga dilakukan dengan pembelajaran kewirausahaan kepada siswa. Pelatihan kewirausahaan ini agar siswa tidak hanya bergantung terhadap suatu perusahaan untuk menjadi karyawan, namun mereka juga dapat membuka sebuah lapangan perkerjaan baru/ yang mampu menampung para pencari kerja.

Pengirim:

Wahyudi Kendal

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini