Sukses

Anggota DPD Terpilih Ini Bertekad Perjuangkan Kemajuan RI

Seluruh Anggota DPD dinilai memiliki kewajiban dan tugas untuk mengikis kesenjangan di seluruh bagian Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPD RI terpilih untuk periode 2014-2019 melakukan deklarasi Nusantara Setara di Hotel Shangri-La Jakarta. Deklarasi itu dibacakan langsung Nono Sampono, Anggota DPD terpilih asal Maluku yang tak lain merupakan penggagas gerakan ini.

Nono dalam sambutannya mengatakan, seluruh Anggota DPD memiliki kewajiban dan tugas untuk mengikis kesenjangan di seluruh bagian Nusantara. Hal itu tentu setelah melihat fakta masih tingginya kesenjangan rakyat Indonesia dari berbagai sisinya.

"Kita wajib menciptakan keadaan negeri ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, menyerahkan estafet yang baik ke generasi berikutnya," kata Nono melalui pesan tertulisnya di Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Pria berpangkat Letjen Marinir TNI (Purn) yang sudah membulatkan tekat maju sebagai ketua DPD itu kemudian mengajak semua pihak untuk mempertahankan keutuhan bangsa serta mempunyai tekat yang sama dalam menjaga pancasila dan negara yang Bhinneka Tunggal Ika.

"Indonesia yang merdeka, berdaulat dan bersatu sudah kita capai. Tapi negara yang adil, makmur, sejahtera, maju, dan setara hingga kuat masih harus diperjuangkan," tegasnya.

Gerakan tersebut, lanjut Nono, merupakan langkah untuk menjadikan DPD lebih prima dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Tugas tersebut menurutnya adalah sebuah kewajiban yang menentukan arah masa depan.

"Bayangkan kesenjangan antardaerah dan pulau terus menipis bahkan menghilang di Nusantara Setara. Bayangkan, ketika janji konstitusi akan kemakmuran dan keadilan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia menjadi kenyataan," ungkapnya.

Seluruh Anggota DPD yang hadir kemudian menandatangani sebuah piagam komitmen yang berisikan delapan poin Nusantara Setara. Berurutan, mereka membubuhkan tanda tangan di sebuah peta Indonesia berdasarkan lokasi asal pemilihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.