Sukses

Hari Ini, Geladi Resik Anggota DPR RI Terpilih

Geladi resik anggota DPR RI berlangsung hari ini, sedangkan pelantikannya akan dilakukan besok 1 Oktober 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Rabu besok 1 Oktober, anggota DPR RI terpilih periode 2014-2019 akan melakukan sumpah jabatan. Kursi kosong masih juga terlihat saat geladi resik pembacaan sumpah jabatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (30/9/2014), setelah dilantik besok, yang menjadi perhatian publik adalah pemilihan pimpinan parlemen UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau yang disebut MD 3 yang mengatur pemilihan.

Pimpinan parlemen oleh para anggota parlemen. Artinya PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tidak otomatis mendapat kursi pimpinan parlemen seperti selama ini.

Koalisi Merah Putih telah menyiapkan pembagian kursi pimpinan parlemen sebelum Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Isinya, jika pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memenangkan pilpres, maka Partai Demokrat akan mendapatkan kursi Ketua MPR dan Partai Golkar mendapat kursi Ketua DPR.

Menanggapi isu ini, PDIP juga tengah menyiapkan strategi agar dapat mengajukan nama untuk pimpinan DPR. Koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla memiliki 207 kursi di Parlemen, sedangkan Koalisi Merah Putih memiliki 297 kursi.

Tampaknya persaingan antara kedua kubu yaitu Koalisi Merah Putih dengan Koalisi Indonesia Hebat sebagai parpol pemenang pilpres, semakin ketat. Tentu saja hal ini merupakan hambatan bagi pemerintahan Jokowi-JK ke depan.

Namun Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla atau JK tidak khawatir jika Koalisi Merah Putih memimpin Parlemen. JK menghargai keputusan Mahkamah Konstitusi soal UU MD3 meski tidak mencerminkan keadilan untuk masyarakat.

Baca Juga:

PDIP Akui Berat Lawan KMP Merebut Kursi Pimpinan DPR

SBY dan Fraksi Demokrat Bahas RUU Pilkada di Hotel Sultan

Incar Kursi Pimpinan DPR, KMP Akan Lebih Garang Kritisi Jokowi

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini