Sukses

Tembus 37 Derajat Celcius, Panas Jakarta Ekstrem?

Jakarta makin panas. Bahkan dalam 1 bulan ini suhu Ibukota pernah menembus 37 derajat celcius.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta makin panas. Bahkan dalam 1 bulan ini suhu Ibukota pernah menembus 37 derajat celcius. Angka itu 3 derajat celcius lebih panas dibandingkan dengan suhu rata-rata Jakarta yang berkisar 33-34 derajat celcius.

Namun Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) M Fadli menyatakan, suhu Jakarta belum termasuk ekstrem. Karena dalam catatannya selama 1 bulan ini, suhu tertinggi sebesar 37 derajat celcius itu hanya terjadi dalam 1 hari, yakni pada 25 September 2014.

"Kalau berturut-turut sampai 4 hari baru bisa dibilang ekstrem," kata Fadli kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Dia mengatakan, belakangan ini suhu Jakarta yang te-record sebesar 36 derajat celcius. Menurut dia, peningkatan suhu alias panas Jakarta saat ini adalah hal yang wajar.

Itu lantaran pada bulan ini, matahari bergerak tepat ke selatan garis khatulistiwa.

"September cukup tinggi. Matahari tepat bergerak ke selatan ekuator, jadi sebagian besar daerah di selatan panas," tandas Fadli. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini