Sukses

2 Warga dan Brimob Terluka Akibat Bentrok di Intan Jaya Papua

Akibat bentrokan tersebut, jaringan Telkomsel di wilayah tersebut sempat dimatikan warga.

Liputan6.com, Jayapura - Sejumlah warga dan anggota Brimob terlibat bentrok di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Akibat bentrok itu, 2 warga dan 2 anggota Brimob terluka.

Seprianus Japugau (30), warga Desa Kumbalagupa, dievakuasi ke Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire pagi tadi dengan menggunakan Avia Star Mandiri, sekitar pukul 10.00 WIT. Seprianus terluka akibat tembakan rekoset (tembakan karena peluru memantul) di bagian perut sebelah kiri.

"Saat ini kondisi korban stabil dan sedang dalam perawatan di ruang ICU RSUD Nabire. Korban masih hidup. Saya sedang bersama keluarga korban untuk terus melakukan koordinasi," kata Kapolres Paniai, yang juga membawahi Kabupaten Intan Jaya, AKBP Daniel Prionggo, Selasa (30/9/2014).

Korban lainnya adalah Benyamin Agimbau (44) warga Desa Tausiga. Dia mengalami luka di bagian kepala akibat benda tumpul. Diduga, Benyamin mengalami luka akibat kena lemparan batu dari teman-temannya sendiri.

Peristiwa tersebut terjadi Senin 29 September sekitar pukul 16.30 WIT. Seprianus dan Benyamin saat itu melakukan pengeroyokan terhadap 2 orang anggota Brimob yang di bawah kendali operasi (BKO) Kapolres Paniai, yang juga membawahi Kabupaten Intan Jaya, AKBP Daniel Prionggo, yaitu Bharada Danjoni dan Bripda Yonas.

Bharada Danjoni dan Bripda Yonas  dikeroyok sekelompok pemuda di Lapangan Sepak Bola Yokatapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Saat sedang melintas di Jalan  Padat Karya, tiba-tiba mereka dihadang dan dikeroyok oleh sekelompok orang.

"Karena ada laporan warga ke Pos Brimob akibat pengeroyokan tersebut, beberapa anggota Brimob mendatangi tempat kejadian perkara dan membantu mengamankan rekannya. Namun massa malahan tidak terima dan semakin brutal melempari anggota Brimob. Karena terdesak maka anggota mengeluarkan tembakan peringatan, namun massa semakin anarkis dan menyerang anggota," ujar Daniel.

Akibat kejadian pengeroyokan ini, Bharada Danjoni mengalami luka berat di bagian kepala dan Bripda Yonas terluka lemparan batu di lengan kanan.

Sementara itu, warga Sugapa, Kabupaten Intan Jaya masih memalang Bandara Bilogai. Pemalangan dilakukan hingga kedatangan menunggu kedatangan bupati setempat untuk menyelesaikan kasus penembakan yang menimpa warganya.

Kapolres Paniai, yang juga membawahi Kabupaten Intan Jaya, AKBP Daniel Prionggo, mengatakan situasi keseluruhan Sugapa dalam keadaan kondusif.

Jaringan Telkomsel  yang sebelumnya sengaja dimatikan oleh warga setempat pasca penembakan warga di sekitar Lapangan Sepak Bola Yokatapa, Distri Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIT telah berhasil dihidupkan.

"Ada satu warga setempat atas nama Beno (29) warga Desa Bilogai di panah bagian punggung sebelah kanan oleh seorang pemuda saat hendak kembali mengaktifkan jaringan Telkomsel. Dia sempat dihadang dan dilarang beberapa pemuda untuk menyalakan jaringan Telkomsel. Kami juga masih mencari pelaku pemanahan," tandas Daniel. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.