Sukses

Sampah dan Limbah Pabrik Cemari Sungai Gorontalo

Pejabat terkait telah meminta kepada pihak pabrik untuk segera membersihkan limbah mereka dari sungai.

Liputan6.com, Gorontalo - Sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Gorontalo kini mulai dicemari oleh sampah rumah tangga dan limbah pabrik. Seperti yang kini dialami oleh Sungai Tibawa yang terletak di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Pencemaran sungai terjadi di sana.

Sungai Tibawa yang dulu airnya berwarna jernih, kini telah menjadi hitam. Selain itu, sungai tersebut juga kini telah dipenuhi oleh sampah sehingga menimbulkan bau tak sedap, penyebabnya tak lain adalah limbah perusahaan pengolahan kelapa.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo, Husni Deka, pihaknya telah meminta kepada pihak pabrik untuk segera membersihkan limbah mereka dari sungai. Bahkan, Husni Deka pun mengancam akan memberikan sanksi jika peringatan tersebut tidak diindahkan.

"Jadi kita memang sudah surati pihak perusahaan untuk mengurusi limbah mereka" ujar Husni Deka kepada Liputan6.com, Senin (29/9/2014).

Kondisi sungai tersebut pun juga dikeluhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sungai.

Mohamad Hasan, umpamanya. Ia mengaku risih dengan kondisi sungai yang letaknya tepat di belakang rumahnya. "Jelas terganggulah mas, apalagi di dapur itu kan tempat makan, gimana kalau bau," kata Mohamad Hasan.

Namun hingga kini pihak perusahaan menolak untuk diwawancarai terkait limbah perusahaan yang telah memcemari sungai tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.