Sukses

Fenomena Aneh Saat Heli AS Jatuh jadi Terpopuler

Ternyata yang bikin helikopter Amerika Serikat jatuh bukan faktor dari manusia.

Liputan6.com, Kabul - Fenomena alam yang luar biasa menimpa helikopter Amerika Serikat yang sedang terbang di Afghanistan untuk misi penyelamatan pada 4 Maret 2002 dini hari, 12 tahun lalu.

Kala itu, perwira militer di pangkalan Bagram, berusaha mengirimkan pesan radio penting ke sebuah helikopter MH-47 Chinook yang sedang menuju puncak pegunungan bersalju Takur Ghar. Isinya: memerintahkan kru helikopter untuk menjauh dari area kekuasaan pasukan Al Qaeda yang bermarkas di gunung.

Namun, helikopter tersebut tak pernah menerima pesan itu. Sesaat setelah fajar menyingsing, kendaraan tempur itu ditembak jatuh. Tujuh personel tewas. Saat itu tak diketahui, mengapa pesan penting itu tak sampai. Kini diketahui karena fenomena alam.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler di Liputan6.com edisi Senin 29 September 2014. Berikut berita TOP 5 selengkapnya.

1. Rahasia Patung Singa

Sebuah patung singa berwarna keemasan yang bertenger di atas bangunan Old State House, Boston, Amerika Serikat ternyata menyimpan rahasia selama 113 tahun. Ada 'kapsul waktu' ditemukan di dalam bagian kepalanya.

Selengkapnya: 'Kapsul Waktu' 113 Tahun Ditemukan di Dalam Patung Singa

2. Jet AS Gempur ISIS

Pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat kembali menyerang empat kilang minyak yang merupakan 'mesin uang' ISIS di Suriah. Gempuran pesawat tempur itu juga dilaporkan menghantam pusat komando kelompok itu.

Selengkapnya: Pesawat Koalisi AS Gempur 'Mesin Uang' ISIS di Suriah

3. Menteri Inggris Mundur karena Kasus Foto

Seorang menteri di kabinet pimpinan PM Inggris David Cameron mengundurkan diri setelah mengirim pesan-pesan tak senonohnya lewat internet, kepada wartawan yang menyamar sebagai aktivis.

Selengkapnya: Tersandung Skandal Foto Telanjang, Menteri Inggris Mundur

4. Tahanan Drakula

Proyek restorasi di sebuah bangunan kuno, Kastil Tokat di Turki menghasilkan temuan menarik. Para arkeolog menemukan ruang bawah tanah yang pernah menjadi tempat penahanan Pangeran Wallachian, Vlad III: sang Drakula.

5. Fenomena Aneh Heli AS

Pada 4 Maret 2002 dini hari, 12 tahun lalu, misi penyelamatan Amerika Serikat di Afghanistan berakhir tragis. Kala itu, perwira militer di pangkalan Bagram, berusaha mengirimkan pesan radio penting ke sebuah helikopter MH-47 Chinook yang sedang menuju puncak pegunungan bersalju Takur Ghar.

Selengkapnya: Ini Fenomena Misterius yang Bikin Heli AS Jatuh di Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.