Sukses

'Kapsul Waktu' 113 Tahun Ditemukan di Dalam Patung Singa

Ada kotak tembaga di dalam patung singa keemasan di atas Old State House, Boston. Diperkirakan berasal dari tahun 1901.

Liputan6.com, Boston - Sebuah patung singa berwarna keemasan yang bertenger di atas bangunan Old State House, Boston, Amerika Serikat ternyata menyimpan rahasia selama 113 tahun. Ada 'kapsul waktu' ditemukan di dalam bagian kepalanya.

Rahasia itu terungkap saat patung singa diturunkan untuk direstorasi. Pihak berwenang dan Bostonian Society menggunakan kamera mungil untuk mengintip bagian dalamnya, dan mengonfirmasi rumor yang sudah lama beredar. Mereka menemukan kotak tembaga tertutup di dalamnya yang diperkirakan berasal dari tahun 1901.

Kapsul waktu itu telah lama terlupakan, sampai keturunan salah satu pembuat patung mengingatkan pihak Bostonian Society  melalui surat yang dikirim beberapa tahun yang lalu.

Masalahnya adalah, bagaimana caranya mengeluarkan kotak tersebut, dan mengetahui isinya, tanpa merusak patung singa yang berharga itu.

Boston Globe yang melakukan penelusuran arsip-arsip surat kabar lamanya menemukan laporan pada tahun 1901 yang memuat kisah tentang 'kapsul waktu' itu. Disebutkan isinya adalah daftar kontribusi pejabat negara bagian dan kota, surat kabar lawas Boston, nama pembuat patung singa dan unicorn.

Juga ada pin kampanye capres Theodore Roosevelt dan William McKinley, surat dari sejumlah politisi Boston, dan bebeberapa foto.

Seperti dikutip dari FoxNews, Senin (29/9/2014), jika semua berjalan lancar, kotak dan isinya akan diterima Bostonian Society pekan ini. Kapsul waktu akan dikeluarkan dengan cara mencopot mahkota singa.

Heather Leet, juru bicara Bostonian Society memastikan, prosesnya akan dilakukan secara hati-hati.

Dan patung singa akan dikembalikan ke posisinya -- bersama kapsul waktu yang baru -- bulan depan. "Bostonian Society masih mengumpulkan barang-barang yang akan ditempatkan di dalam kapsul waktu yang baru," demikian dilaporkan Boston Globe.

Salah satu yang akan dimasukkan adalah medali dari ajang Boston Marathon tahun 2013 -- yang diwarnai aksi teror bom pada 15 April 2013.

Tak hanya di pucuk bangunan bersejarah di Boston, ada ribuan kapsul waktu yang ditempatkan di berbagai belahan dunia. Namun berdasarkan laporan, dari 10.000 kapsul waktu, 9.000 di antaranya dicuri, hilang, atau rusak. International Time Capsule Society terus berupaya mengembalikan kenang-kenangan yang hilang itu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini