Sukses

Acara Gowes Bareng Hut ke-69 TNI Pecahkan Rekor MURI

"Dalam catatan MURI terdapat 1.901.928 yang ikut Gowes dalam perayaan HUT ke-69 TNI tahun 2014," ujar Jaya Suprana.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-69 TNI, digelar acara sepeda bersama atau Fun Bike di beberapa kota di Indonesia. Khusus di Jakarta tercatat 109.828 peserta.

Pendiri MURI Jaya Suprana pun menyatakan TNI sukses menggelar Fun Bike dengan peserta sipil terbanyak. Lalu rekor MURI pun digondol.

"Ini adalah tanda positif TNI bisa dekat dengan rakyat, karena sebagian besar peserta Gowes merupakan masyarakat sipil. Dalam catatan MURI terdapat 1.901.928 yang ikut Gowes dalam perayaan HUT ke-69 TNI tahun 2014," ujar Jaya Suprana.

"Ada makna lebih bukan hanya kesehatan, tapi kedekatan TNI dengan rakyat, dan ini karya TNI maka saya bilang TNRI (Tentara Nasional Rakyat Indonesia). Itu memang karya yang bagus dan indah sekali," tambah Jaya Suprana.

Kegiatan Fun Bike dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta menyambut Peringatan ke-69 Hari TNI tahun 2014. Panitia Fun Bike (TNI) bekerja sama dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan Komite Sepeda Indonesia (KSI) bertajuk 'Gowes Bersama TNI Rakyat Sehat' yang melibatkan ribuan personel TNI dan Polri, masyarakat serta komunitas sepeda di Indonesia.

Acara sepeda Gowes ini dilepas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko, dengan ditandai mengangkat bendera sebagai titik start di Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan pukul 06.00 WIB dan Finish di Jakarta Internasional Expo Kemayoran Jakarta Pusat.

Pada acara Gowes dengan jarak tempuh kurang lebih 25 Km bersama TNI, Polri dan Rakyat itu, ia juga didampingi Kasad, Kasal, Kasau dan Kapolri.

"Olahraga bersepeda memiliki arti sangat penting dalam upaya melestarikan lingkungan. Di tengah semakin menipisnya cadangan energi di dunia maka bersepeda bisa menjadi alternatif sebagai upaya menghemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM)," jelas Moeldoko.

"Kita juga perlu sosialisasikan kepada prajurit TNI di asrama diharapkan tidak lagi naik motor, tapi naik sepeda," sambung Moeldoko.

Menurut Moeldoko, kegiatan Gowes bersama sangat positif untuk prajurit TNI. Sebab selain mengurangi polusi, hal itu juga berdampak pada peningkatan kesehatan prajurit. "Saya yakin dan percaya bahwa di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat," ucap dia.

Di acara itu, Jenderal TNI Moeldoko juga melantik tiga kepala staf untuk menjadi Ketua Dewan Kehormatan ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia), yaitu KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, KSAL Laksamana TNI Marsetio, dan KSAU Marsekal TNI IB Putu Dunia secara resmi menjadi keluarga besar ISSI.
 
Selanjutnya Moeldoko menyapa melalui telekonferensi dengan sejumlah perwakilan Kodam di Indonesia, antara lain Kodam I/Bukit Barisan, Kodam IX/Udayana, Kodam VII/Wirabuana, Kodam IV/Diponegoro, Kodam III/Siliwangi dan Kodam V/Brawijaya.

Kemudian Moeldoko dan para Kepala Staf TNI serta Kabareskim mengundi nomor peserta khusus hadiah 5 buah mobil. Hadiah tersebut didapatkan oleh dua peserta TNI dan tiga peserta masyarakat. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.