Sukses

Barang Milik Jemaah Asal Indonesia Banyak Tercecer di Madinah

Banyak barang bawaan milik jemaah Indonesia yang tercecer di Masjid Nabawi, hotel ataupun jalanan di Kota Madinah.

Liputan6.com, Madinah - Setelah Kota Madinah mulai sepi ditinggal para jemaah calon haji yang berangsur menuju Kota Mekah untuk persiapan prosesi ibadah haji selanjutnya, ternyata banyak barang bawaan milik jemaah Indonesia yang tercecer di Masjid Nabawi, hotel ataupun jalanan di Kota Madinah.

Barang-barang yang tercecer tersebut sudah diserahkan panitia Daker Madinah kepada Panitia Daker Mekah karena semua jemaah sudah berada di Mekah. Barang tersebut diterima oleh Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daker Makkah Jaetul Muchlis.

Seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, Sabtu (27/9/2014), barang yang diserahterimakan berupa 13 unit telepon seluler, 4 unit kamera, kaca mata, jam tangan, dokumen, dompet, KTP, Surat Kesehatan Haji dan barang kecil lainnya.

Jaetul menjelaskan, selain barang-barang ditemukan juga sejumlah uang dengan total temuan dalam bentuk uang rupiah Rp 57.520.000, dan dalam bentuk riyal 6.901 SAR. Sebanyak Rp 37.000.000 telah dikembalikan kepada pemiliknya karena identitas pemilik cukup jelas.

"Barang yang tercecer ini kalau jelas pemiliknya akan kita distribusikan ke yang punya, dan sisanya yang tidak jelas siapa pemiliknya akan ditampung di Kantor Teknis Urusan Haji. Kalau sampai berakhirnya musim haji tidak bisa disistribusikan, maka biasanya diserahkan ke yayasan sosial," kata Jaetul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.