Sukses

Perluasan Areal Mekah Berlangsung Hingga 2016

Perluasan areal Masjidil Haram, Arab Saudi mempersempit ruang gerak para jemaah haji.

Liputan6.com, Arab Saudi - Jangan kaget bila begitu masuk ke areal Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi karena Anda akan melihat begitu banyaknya tiang pancang di sekitar Masjidil Haram.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (27/9/2014), makin ke dalam makin terlihat kesibukan sejumlah pekerja. Beberapa alat berat bahkan terlihat berlalu lalang di tengah kesibukan para jemaah calon haji untuk beribadah.

Debu akibat pembangunan ditambah teriknya matahari membuat jemaah haji harus pandai-pandai menjaga diri. Apalagi perluasan areal Masjidil Haram otomatis mempersempit ruang gerak para jemaah.

Arab saudi melakukan perluasan pelataran sebelah utara Masjidil Haram hingga 400 ribu meter, dengan menghabiskan biaya sekitar US$ 21 miliar atau setara Rp 191 triliun.

Perluasan ini pula yang akhirnya membuat kuota haji seluruh negara dipotong hingga 20 persen sejak tahun lalu. Banyaknya alat berat di sekitar Masjidil Haram ditakutkan membuat jemah haji tidak leluasa beribadah hingga jumlah jemaah pun terpaksa dikurangi.

Kondisi tersebut diperkirakan terus berlanjut hingga tahun 2016. Setelah itu barulah kuota haji bisa diperbesar karena luas kompleks Masjidil Haram sudah bisa menampung lebih banyak jemaah.

Usai renovasi, Pemerintah Indonesia akan meminta Pemerintah Arab Saudi menaikkan kuota haji dari sekitar 200 ribu menjadi 370 ribu jemaah.

Baca juga:

Akibat Stroke, Calon Jemaah Haji Ini 2 Kali Gagal Berangkat

Kemenag: Persiapan Puncak Haji Sudah Lebih dari 80%

Dirjen Haji Cek Kondisi Pemondokan di Mekah

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini