Sukses

Hidayat PKS: KMP Tak Lobi Demokrat Terkait RUU Pilkada

Dengan minus dukungan dari Partai Demokrat tidak bisa digambarkan secara pasti Koalisi Merah Putih akan kalah.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PKS Hidayat Nur Wahid menegaskan, Koalisi Merah Putih (KMP) tidak melakukan lobi politik kepada Partai Demokrat yang mengubah haluan dengan mengambil sikap Pilkada langsung setelah sebelumnya mendukung Pilkada melalui DPRD. KMP menghormati sikap yang telah diambil partai besutan SBY itu.

"Kalau kita tidak ada lobi dengan Demokrat. Kita mengerti secara gamblang Partai Demokrat sudah menyampaikan kepada publik. Kita masing-masing saling menghormati," kata Ketua Fraksi PKS itu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014).

Menurut dia, Partai Demokrat secara jelas dalam Pilpres lalu telah menyatakan sikapnya untuk tidak berada di dalam koalisi manapun baik Koalisi Merah Putih maupun Koalisi Jokowi-JK. Maka itu, Anggota Komisi I DPR RI itu memastikan, KMP tidak merasa dikhianati dengan perubahan sikap yang dilakukan Partai berlambang mercy tersebut.

"Kami tidak merasa ditinggal dan akan melakukan yang terbaik untuk rakyat. Partai Demokrat sejak awal kan tidak termasuk dalam Koalisi Merah Putih," ucap dia.

Menurutnya, dengan minus dukungan dari Partai Demokrat tidak bisa digambarkan secara pasti Koalisi Merah Putih akan kalah dalam mengusung Pilkada yang dilakukan melalui DPRD.

"Sebelum ada keputusan semua bisa terjadi, masih bisa terjadi pemilihan langsung, pemilihan tidak langsung dan langsung dengan catatan," ujar Hidayat.

Apalagi, Partai Demokrat yang sejak awal dengan instruksi SBY sebagai ketua umum mendukung Pilkada tidak langsung sebelum akhirnya merubah sikap menjadi langsung. Hal ini, yang diyakini Hidayat keputusan Fraksi Partai Demokrat di DPR mau mengikuti keputusan partainya yang mengubah sikap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini