Sukses

1 Keluarga Gajah Putih Tiba di Malioboro 2 Oktober

Yogyakarta bakal kedatangan 3 ekor gajah putih.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta bakal kedatangan 3 ekor gajah putih. 1 Keluarga gajah yang panjangnya mencapai 12 meter tersebut bakal dipamerkan di titik nol KM Malioboro pada 2 Oktober 2014 selama 1 tahun.

Ketiganya tak perlu diberi makan. Mereka juga tak memerlukan minum. Ini karena bapak, ibu, dan anak gajah tersebut merupakan patung yang terbuat dari campuran fiberglass, bubuk marmer, dan batu. Sang bapak gajah tingginya 5 meter, ibunya 4 meter, dan anaknya 3 meter.

Gajah berwarna putih itu saat ini masih dalam tahap penyelesaian di studio di Krapyak Kulon, Yogyakarta. Patung keluarga gajah lucu itu akan diletakkan di depan Monumen SO1 Maret.

"Di depan Monumen Serangan Oemoem Satu Maret (SO) Malioboro. Dulu ditempati patung kaki akar. Gajahnya nanti menghadap keraton," ujar pematung gajah asal Yogyakarta Dunadi, Rabu (24/9/2014).

Dunadi memilih patung gajah dalam pameran 'Jogja 258 Out Door Sculpture Exhibition 2014' karena  sifat gajah yang tenang, kuat, dan perasa. Patung gajah dinilai mampu menguatkan citra Kota Yogyakarta sebagai kota budaya dan kota pariwisata.

"Jogja kan sangat power. Sebagai kota dengan kota budayanya yang kental dan Gajah itu hewan yang santun. Dia besar tenang dan nggak akan ngamuk. Beda kalo macan kuda kalau gajah itu juga perasa," ujar dia.

Dia pun mempersilakan warga untuk mencoret-coret patung gajah karyanya itu. Patung keluarga gajah sepanjang 12 meter ini akan diresmikan langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti pada tanggal 4 Oktober 2014 di Malioboro. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini