Sukses

Uji Coba, Bus Ciputat-Blok M Digratiskan Seminggu

Setelah menggratiskan selama satu minggu, Perum PPD akan mengenakan ongkos Rp 7 ribu per penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Selama satu pekan, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD), gratiskan angkutan barunya,  bus P 21 trayek Ciputat-Terminal Blok M Jakarta.

Mulai hari ini, bus Transjabodetabek yang juga terintegrasi dengan busway itu, akan digratiskan untuk masyarakat. "Ini sedang kita uji coba, sampai lauching minggu depan. Jadi kami menggratiskannya untuk masyarakat yang ingin menggunakan bus ini," ungkap Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa, Selasa 23 September 2014.

Dalam uji coba ini, akan ada 10 bus pengganti P21 yang akan dioperasikan. Tiap bis memiliki kapasitas 32 tempat duduk untuk penumpang. Kalaupun ditambah penumpang berdiri, Transjabodetabek ini menampung 40 sampai 50 penumpang.

"Sama seperti trayek sebelumnya, Transjabodetabek ini akan melalui rute Jalan Ciputat Raya, Jalan Ir Juanda, Pondok Indah, Radio Dalam, RSP Pertamina, CSW, dan terakhir pemberhentian di Terminal Blok M," tutur Pande.

Setiap rute, ada shuttle atau pemberhentian yang disediakan. Termasuk shelter Pondok Pinang yang terintegrasi dengan Transjakarta, serta beberapa shelter portable yang disediakan di daerah Gintung, Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hingga pemberhentian akhir di pul Perum PPD.

Tidak hanya lebih nyaman dengan fasilitas pendingin udara dan konsep duduk seperti didalam busway, bis ini juga difasilitasi dengan GPS dan CCTV. "Jadi, kita bisa pantau langsung lalu lintas dan tingkah laku penumpang dan awak bus dari dalam kantor," tuturnya.

Setelah menggratiskan selama satu minggu, Perum PPD akan mengenakan ongkos Rp 7 ribu per penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.