Sukses

Hutan Bukit Soeharto di Samarinda Terbakar

Belum diketahui secara pasti penyebab dan luas kebakaran yang melanda kawasan hutan konservasi dan penelitian tersebut.

Liputan6.com, Samarinda - Kebakaran hutan melanda kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanetara, Darmansyah membenarkan terjadinya kebakaran hutan di 2 titik di kawasan Tahura Bukit Soeharto.

"Saya mendapat informasi dari Hasan, petugas Pos Bencana Kecamatan Loajanan bahwa telah terjadi kebakaran di 2 titik yakni di kolometer 21 dan 35 kawasan Bukit Soeharto," kata Darmansyah saat dihubungi, Selasa (23/9/2014) malam.

Belum diketahui secara pasti penyebab dan luas kebakaran yang melanda kawasan hutan konservasi dan penelitian tersebut.

"Kami belum tahu penyebab dan luasan kawasan hutan yang terbakar, sebab baru menerima informasi terjadinya kebakaran itu," kata Darmansyah.

BPBD Kutai Kartanegara, lanjut Darmansyah, telah mengerahkan 3 mobil pemadam dan meminta petugas Pos Bencana Kecamatan Loa Janan membantu pemadaman dengan mengirimkan 2 mobil pemadam ke lokasi kebakaran.

"Kami telah melakukan upaya pemadaman dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam dibantu 2 unit dari Pos Bencana Loa Janan. Hingga saat ini, saya masih belum mendapatkan informasi terkait perkembangan proses pemadaman kebakaran di kawasan Tahura Bukit Soeharto tersebut," jelas Darmansyah.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Selasa malam, kebakaran yang melanda kawasan hutan konservasi tersebut, terlihat tak jauh dari jalan poros Samarinda-Balikpapan. Kobaran api terlihat membakar semak belukar di kawasan hutan, yang lokasinya cukup jauh dari permukiman warga.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran juga terlihat melaju dari arah Kota Samarinda menuju ke lokasi kebakaran. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini