Sukses

Jokowi: Megawati Punya Ideologi Sukarno, 100 Persen

Menurut Jokowi, masih ada tokoh lain yang juga mewarisi ideologi Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menilai tampuk kekuasaan tertinggi PDIP mesti dipegang oleh trah Sukarno. Lalu apa kata presiden terpilih Jokowi terkait pendapat tersebut?

"Menurut saya, (yang terpenting) ideologinya. Ideologinya," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Lalu bagaimana dengan dukungannya terhadap Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP? Jokowi menilai dukungannya tersebut lantaran Mega dianggap dapat menjadi figur pemersatu dan merupakan satu-satunya tokoh yang mewarisi seluruh ideologi Bung Karno.

"Beliau punya ideologi Sukarno nggak? 100 Persen (mewarisi ideologi Bung Karno)," ucap Jokowi.

Namun, lanjut dia, selain Mega masih ada tokoh-tokoh lain yang juga mewarisi ideologi Bung Karno, di antaranya adalah putra sulung Megawati Prananda Prabowo. "Ya kalau itu banyak. Ada Pak Prananda, semua kaderlah," ujar Jokowi.

Sebelumnya dalam sebuah kesempatan, Puan menyatakan kalau PDIP masih sangat membutuhkan sosok Megawati yang merupakan trah Sukarno. Terlebih saat ini pemerintah sedang mengalami masa transisi dari Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi.

"Apapun itu pada masa transisi, kami masih membutuhkan Ibu Megawati. Apalagi dengan PDIP masuk pemerintahan, jelas masih diperlukan sosok Ibu Mega untuk mengawal semua ini dan masih dibutuhkan trah Sukarno. Itu tak lain memang untuk perekat grass root di seluruh Indonesia," tandas Puan Maharani. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini