Sukses

Cara Jokowi Beri Hadiah ke Murid SD

Gubernur DKI Jakarta Jokowi meninjau penerapan Kartu Jakarta Pintar (KJP) di SMPN 277, Jalan Sindang Terusan 344 Rawa Badak Utara, Koja.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau penerapan Kartu Jakarta Pintar (KJP) di SMPN 277, Jalan Sindang Terusan 344 Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara dan SDSN Rawa Badak Utara 01 pagi. Selain mengecek penggunaan KJP, presiden terpilih itu juga sempat berbincang akrab dengan para murid sekolah tersebut.

Kepada para siswa, Jokowi memberikan sebuah kuis berhadiah tas yang sebelumnya ia beli saat meresmikan pasar Lokbin (lokasi binaan) Permai, Koja, Jakarta Utara. Untuk mendapatkan tas tersebut, Jokowi melempar sebuah pertanyaan kepada anak-anak yang telah duduk rapi di bangku kelas masing-masing.

"Sebutkan 3 nama Nabi, yang bisa jawab angkat tangannya, saya yang tunjuk," kata Jokowi memberi pertanyaan.

Puluhan siswa SD pun serempak mengangkat tangan, saling berebut agar ditunjuk oleh Jokowi. "Saya pak..saya Pak.." ucap para siswa.

Salah seorang murid yang ditunjuk Jokowi pun langsung maju ke depan, dan menjawab pertanyaan yang diberikan Jokowi. ‎

"Nabi Muhammad, Nabi Adam, Nabi Idris," jawab seorang siswa bernama Reyhan.

Karena jawabannya betul, Jokowi kemudian memberi bocah tersebut hadiah tas sekolah yang dijanjikan. Setelah tas tersebut diberikan, Jokowi kembali melempar beberapa pertanyaan dan menghadiahi tas yang ia beli sebelum mengunjungi sekolah itu.
‎
Sebelum meninggalkan kelas tersebut, Jokowi pun sempat bertanya kepada beberapa siswa mengenai penggunaan dana KJP yang diberikan tiap 3 bulan sekali itu. Jokowi bertanya langsung ke siswa mengenai penggunaan dana KJP.

"Uangnya dipakai untuk apa? Di sini tidak ada yang beli HP pakai KJP kan? Tidak ada yang dipakai untuk beli motor kan? Ini untuk membeli keperluan-keperluan sekolah yah," kata Jokowi di depan kelas.‎

Terkait kunjungannya untuk mengecek penggunaan KJP, Jokowi mengaku dirinya ingin memastikan secara langsung kalau KJP telah sampai ke siswa dan tidak ada kendala yang berarti di lapangan. "Kita ini mau ngecek, Ternyata dicek sudah sampai seminggu lalu ke tangan siswa, berarti bener (sesuai dengan laporan)," ucap Jokowi. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KJP

Video Terkini