Sukses

Jokowi: Saya Sudah Tidak Ambil Keputusan Strategis di DKI

Presiden terpilih Jokowi menyatakan mulai pertengahan bulan ini sudah tidak lagi mengambil keputusan penting di lingkungan Pemprov DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Walau belum menyatakan mundur dari jabatan gubernur, presiden terpilih Jokowi menyatakan mulai pertengahan bulan ini dirinya sudah tidak lagi mengambil keputusan penting terkait dengan kebijakan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Keputusan penting dan yang bersifat strategis sepenuhnya diserahkan kepada wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama.

"Ini tanggal berapa sih? 23 September. Sejak tanggal 20 kemarin, saya sudah sampaikan ke Pak Ahok saya, tidak akan banyak melibatkan diri pada hal-hal yang strategis yang ada di Jakarta," ujar pria bernama lengkap Joko Widodo di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Lalu, kapan dirinya secara sah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai gubernur? Jokowi pun mengaku tidak bisa menjawab secara pasti.

Menurut Jokowi, pengunduran dirinya saat ini sepenuhnya berada di tangan DPRD DKI. Ia sendiri mengaku, telah melakukan langkah pengunduran diri sesuai prosedur dengan mengajukan surat pengunduran diri ke sekretariat dewan.

"Saya sudah ajukan ke DPRD, suratnya sudah ada di DPRD dari dua minggu lalu kok," ucap suami Iriana Widodo itu.

Kapan surat tersebut akan diproses dan ditindak lanjuti, Jokowi kembali melempar pertanyaan tersebut kepada DPRD.

"Kalau itu tanyakan ke belakang, kan suratnya sudah diberi," singkat Jokowi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pemprov DKI