Sukses

Presiden SBY akan Berpidato di Akmil West Point Malam Ini

Presiden SBY dijadwalkan menyampaikan pidato di hadapan kadet atau taruna Akademi Militer di West Point, New York.

Liputan6.com, New York - Setelah mematangkan persiapan untuk acara di Sidang ke-69 Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyampaikan pidato di hadapan kadet atau taruna Akademi Militer (The United States Military Academy) di West Point, Orange County, di barat Sungai Hudson, sekitar 35 km di utara New York, Amerika Serikat.

Menurut jadwal yang dikutip dari laman presidenri.go.id, SBY akan disambut langsung oleh Komandan Akmil West Point Letnan Jenderal Robert L. Caslen, pukul 10.45 waktu setempat atau 21.45 WIB, Senin (22/9/2014). Sebelum menyampaikan pidato, SBY diagendakan santap siang bersama para taruna, sekaligus menjadi Guest of Honour.

Didirikan sejak Maret 1802, Akmil West Point menjadi kebanggaan rakyat Amerika. Tercatat beberapa pemimpin AS lulusan tempat pendidikan itu, yakni Presiden Ulysses S. Grant dan Dwight D. Eisenhower. Tidak ketinggalan, beberapa kepala negara lain merupakan jebolan institusi elite ini.

Kelebihan institusi ini adalah lantaran dalam kurikulum pendidikan militernya menggabungkan berbagai disiplin ilmu. Semua itu wajib dikuasai oleh para taruna. Modernisasi itu berlangsung setelah Perang Saudara di AS berakhir hingga saat ini.

Pendidikan prajurit di West Point setara sarjana strata satu. Jika seorang teruna memiliki kemampuan akademis yang baik, ia akan mengikuti pendidikan tingkat lanjut secara gratis.

Standar disiplin tinggi dipadukan pelajaran moral dan etika prajurit menjadi nilai lebih yang menjadi ciri West Point. Fisik, otak, dan mental tiap taruna ditempa habis-habisan. Bahkan mereka juga tidak malu belajar dari pengalaman bangsa lain. Buku Dasar-Dasar Perang Gerilya karangan Jenderal Abdul Haris Nasution menjadi salah satu buku wajib di akademi ini.

Dari West Point, malam nanti, SBY dan delegasi resmi dijadwalkan menghadiri jamuan santap malam oleh CEO Unilever di Alexandria Center for Life Science, New York. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini