Sukses

Lampu Rumah Tak Mati 2 Pekan Membakar 5 Rumah di Cakung

Untuk memadamkan kebakaran di Cakung, Jakarta Timur, petugas menerjunkan 14 unit mobil pedamam kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda 5 rumah di Jalan Krama Yudha RT 05 RW 05, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. Kebakaran diduga berasal dari lampu yang tidak dimatikan selama 2 pekan di rumah salah seorang warga.

Salah seorang petugas pemadam kebakaran, Wahyu mengatakan, api diduga berasal dari rumah warga bernama Hera. Rumah itu sudah ditinggalkan pemiliknya selama 2 pekan dengan kondisi lampu menyala karena menemani sang ibunda yang sedang dirawat di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Rumahnya sudah 2 minggu ditinggal, lampunya nyala terus, jadinya korsleting listrik," kata Wahyu saat ditemui di lokasi, Senin (22/9/2014).

Korsleting itu yang diduga kuat memicu munculnya api. Selain itu, angin yang berhembus di sekitar lokasi membuat api cepat menyambar ke beberapa rumah lainnya.

"Sekitar 5 rumah yang terbakar di sekitar rumah Bu Hera," ungkapnya.

Sementara, salah seorang warga, Gandi mengatakan, ada penyebab lain yang membuat api melahap habis rumah warga. Menurut Gandi, api berasal dari ledakan kompor di rumah makan yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

"Penyebabnya masih simpang siur antara korsleting lampu atau kompor dari rumah makan," kata Gandi.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Kasie Ops PKPB) Jakarta Timur, Moelyanto mengatakan, masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran. Karena itu, dia belum bisa mengungkapkan penyebab kebakaran itu.

"Penyebabnya masih belum dapat dipastikan. Kita masih menunggu penyelidikan dari Polsek Cakung," jelas Moelyanto.

Untuk memadamkan kebakaran, petugas menerjunkan 14 unit mobil pemadam kebakaran. Api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 14.15 WIB. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.