Sukses

Ruman Aceh, Simbol Pendidikan Gratis di Aceh

Ruman Aceh juga membuka bimbel gratis kepada seluruh anak di Gampong tersebut

Citizen6, Aceh Rumoh Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh di Gampong Punge Blangcut , Jaya Baru, Banda Aceh, menjadi salah satu pusat pendidikan gratis bagi anak-anak kurang mampu di desa itu.

Anak-anak di desa tersebut banyak yang tidak mampu mengikuti bimbingan belajar (bimbel) berbayar seperti layaknya anak-anak keluarga berpunya. Hal ini disebabkan karena mayoritas masyarakat desa itu tergolong dalam kelas ekonomi menengah kebawah.

Ruman Aceh juga membuka bimbel gratis kepada seluruh anak di Gampong tersebut,  semua kegiatan yang dilakukan di Ruman Aceh gratis, tanpa sedikitpun memungut biaya dari masyarakat sekitar.

“Banyak manfaat yang diberikan Ruman kepada anak-anak di desa ini, termasuk anak saya. Dulunya anak saya malas belajar, namun sekarang sudah rajin. Selain itu, metode pendidikan yang digunakan juga menyenangkan bagi mereka”, ujar Hamidah, 40 tahun, ibu salah seorang murid binaan bimbel gratis yang disedikan oleh Ruman Aceh.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya Ruman Aceh. Antusiasme mereka dikarenakan Ruman Aceh merupakan satu-satunya wahana pendidikan untuk anak-anak belajar secara gratis atau cuma-cumadi desa mereka.

Pengirim:

Bahariandy Mahardeka | Mahasiswa FISIPOL UNSYIAH

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.