Sukses

Aek Rara, Pemandian Air Soda di Tarutung

Ketika berendam pengunjung akan merasakan sensasi berbeda.

Citizen6, Tarutung "Aek Rara" Begitu sebutan orang untuk kolam pemandian yang terletak di Desa parbubu kecamatan tarutung-Tapanuli utara ini.

Kolam pemandian ini tidak seperti kolam pemandian yang biasa kita jumpai, air yang memenuhi kolam ini hangat dan langsung dari mata air yang keluar dari selah batu yang ada di kolam. Namun tidak hanya itu keistimewaan yang dimiliki kolam ini. Air hangat dalam kolam ini juga seperti mengandung soda yang sering kita temui pada minuman berkarbonat.

Oleh karena itu warga sekitar juga menyebut kolam ini pemandian air soda. Ketika berendam pengunjung akan merasakan sensasi berbeda. Tubuh kita akan terasa seperti sedang di terapi. Ini diakibatkan busa-busa kecil yang keluar dari dasar kolam secara terus menerus. Bahkan ketika air kolam masuk ke mulut kita, rasa air tersebut juga seperti rasa minuman berkarbonat.

Setiap hari banyak warga sekitar maupun wisatawan dari luar kota yang sengaja berkunjung dan sekedar berendam. Air hangat dalam kolam sangat cocok dengan iklim Kota Tarutung yang dingin. Selain itu kolam ini juga terletak di tengah hamparan Persawahan warga yang menambah keistimewaannya.

Sejarah di temukannya kolam ini juga unik. Berawal ketika seorang bidan desa yang sedang mencangkul tanah dan tiba-tiba keluar air dari dalam tanah. Mulai saat itu air terus keluar. Bahkan dengan debit yang cukup banyak

Menurut situs resmi Kabupaten Tapanuli utara, kolam air soda ini hanya ada 2 di dunia, yakni di Venezuela dan Kemudian di Tarutung, Sumatera utara, Indonesia. Pada Tahun 2004 Pemandian air soda ini sudah diresmikan oleh pemerintah Tapanuli utara sebagai salah satu objek wisata.

Jika anda ingin berkunjung kesana, Anda tidak perlu menyiapkan biaya banyak untuk dapat menikmati sensasi mandi soda di kolam ini. Tidak ada tiket khusus, bahkan anda akan di sambut dengan ramahnya warga sekitar yang hampir keseluruhannya suku batak ini.; Namun jika anda ingin memberikan sumbangan, Anda bisa memberikannya kepada pengelola.

Tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda yang murah namun sangat berkesan.

Pengirim:

Bahara Panjaitan

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.