Sukses

Ratusan Hektare Hutan Taman Nasional Baluran Kembali Terbakar

Kebakaran Taman Nasional Baluran terus meluas hingga sejumlah satwa seperti burung merak hijau dan kera keluar hutan.

Liputan6.com, Situbondo - Asap tebal di kawasan hutan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur membubung tinggi. Kepulan asap hitam tersebut berasal dari kobaran api yang membakar sebagian Taman Nasional Baluran sejak beberapa hari terakhir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (22/9/2014), polisi hutan taman nasional bersama warga Komunitas Peduli Hutan terus bergerak menyisir hutan, untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan penyemprot air dan peralatan dari pelepah kelapa.

Namun kondisi hutan yang kering selama musim kemarau serta embusan angin kencang mengakibatkan api cepat menjalar. Petugas dan relawan sering kewalahan. Hingga saat ini 100 hektare luas hutan sudah terbakar.

Akibat kebakaran tersebut sejumlah satwa liar seperti kera hutan berkeliaran di jalanan. Burung merak hijau yang merupakan satwa langka juga menghindari kobaran api.

Penyebab kebakaran hutan sejauh ini sulit diketahui. Namun diduga akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi.

Baca juga:

Diguyur Hujan, Titik Api Masih Tersebar di Kalimantan

4 Gangguan Akibat Asap Kebakaran Hutan di Riau dan Kalimantan

Walhi: Sejak 1997 Penanganan Kabut Asap di Sumsel Tak Maksimal

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.