Sukses

Wahana Antariksa Maven Milik NASA Masuk Orbit Mars Hari Ini

Masuknya Maven ke orbit Mars akan disusul 48 jam kemudian oleh Mangalyaan, misi pertama India ke Planet Merah itu.

Liputan6.com, Washington - Wahana antariksa Maven milik badan antariksa AS, NASA, dijadwalkan akan memasuki orbit Mars hari Senin ini. Setelah melanglang antariksa selama 10 bulan, Maven mesti mengerem kecepatan dengan menembakkan pendorongnya.

Seperti dikutip BBC, Senin (22/9/2014), pembakaran selama 33 menit akan cukup mengurangi kecepatan Maven untuk memungkinkan satelit itu ditangkap oleh gravitasi Mars.

Maven dikirim untuk mempelajari atmosfer tinggi Planet Merah itu dengan tujuan mencoba memahami proses-proses yang menyebabkan hilangnya sebagian besar udara. Sekarang ini, tekanan udara sangat rendah sehingga air di permukaan planet akan langsung mendidih.

Data Maven akan memungkinkan para ilmuwan untuk membangun model kondisi iklim saat ini dan masa lalu Mars yang lebih akurat.

"Pesawat-pesawat ruang angkasa sebelumnya telah membuat pengukuran dan kami telah belajar banyak tentang atmosfer atas, tapi kami belum mampu mendapat gambaran keseluruhan," kata peneliti utama Bruce Jakosky.

Wahana India menyusul

Masuknya Wahana Maven milik NASA ke orbit Mars akan disusul hanya 48 jam kemudian oleh Mangalyaan, misi pertama India ke Planet Merah.

"Saya berharap Maven akan menjadi misi penemuan, bahwa hampir segala yang diamati akan membawa kita ke wawasan baru yang mendasar tentang lingkungan Mars hari ini dan bagaimana ia berkembang dari waktu ke waktu," tambah peneliti University of Colorado Boulder.

Manuver mesin Maven hari ini akan menempatkan satelit itu di orbit lonjong 35 jam di sekeliling planet. Pengukuhan mengenai masuknya Maven ke orbit Mars akan diterima Bumi beberapa saat setelah pukul 02.20 GMT atau 08.20 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.