Sukses

JK Belum Mau Ucapkan Selamat kepada Prabowo

JK menyatakan jabatan Prabowo sebagai Ketum Gerindra hanya sebagai pejabat sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra menetapkan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra pengganti mendiang Suhardi. Itu berarti Prabowo merangkap 2 jabatan sekaligus, yakni ketua umum dan ketua dewan pembina partai.

Saat diminta tanggapannya terkait penetapan mantan Danjen Kopassus itu sebagai Ketua umum Partai Gerindra, Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla enggan menanggapinya. Pria yang akrab disapa JK ini bahkan mengaku tidak mau mengucapkan selamat kepada Prabowo lantaran menganggap Prabowo hanya sebagai ketua pengganti.

"Ya, itu kan pejabat, kalau sudah tetap, kita kasih selamat. Masih pejabat, Plt namanya," ujar JK di kediamannya, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, (21/9/2014).

JK pun membandingkan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang ditetapkan menjadi ketua partai berdasarkan berdasarkan kesepakatan pengurus Partai Nasdem dari seluruh wilayah di Indonesia berdasarkan hasil kongres.

Berbeda dengan Prabowo yang ditetapkan sebagai ketua berdasarkan hasil KLB. "Kalau dia (Prabowo) ketua tetap, seperti Bung Surya kita kasih selamat," ucap JK sambil tertawa.

Sekjen Partai Gerindra sekaligus pemimpin KLB ke-3 Ahmad Muzani mengatakan, pengangkatan Prabowo sebagai ketua umum secara aklamasi ini atas permintaan 33 DPD dan 503 DPC se-Indonesia. Namun, pengangkatan ini bersifat sementara, karena Prabowo ingin segera dilaksanakan Kongres Pertama Partai Gerindra.

"Dalam KLB semua sepakat dan meminta kesediaan Prabowo untuk merangkap jabatan sementara sebagai Ketua Umum," jelas Muzani beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, Prabowo ditetapkan sebagai ketua umum hingga digelar Kongres Partai Gerindra yang pertama yang direncanakan akan digelar pada 2015. Pengangkatan Prabowo dilakukan secara aklamasi dan penuh dengan kekeluargaan.

"Awalnya anggota meminta agar Prabowo menjadi ketua umum sampai seterusnya, namun Prabowo dengan tegas menolak," ungkap Muzani. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Gerindra

  • JK