Sukses

Sejoli Tak Bisa Lagi Pasang 'Gembok Cinta' di Jembatan Paris

Banyak sejoli yang menyematkan 'gembok cinta' di jembatan di Paris tersebut sebagai simbol kesetiaan cinta.

Liputan6.com, Paris - Para sepasang kekasih yang menjadi wisatawan di Paris kini mungkin kecewa. Sebab mereka tak bisa lagi mengikatkan cinta mereka secara simbolis di jembatan Pont des Arts. Sebabnya otoritas setempat kini telah mengganti panel berkawat pada sisi jembatan tersebut dengan panel plastik yang tak akan mungkin bisa dipasang 'gembok cinta'.

"Dua per tiga bagian sudah kami ganti. Sisanya kami akan ganti juga beberapa hari kemudian," kata pejabat Kota Paris, Bruno Julliard, seperti dimuat France24, Minggu (21/9/2014).

Langkah ini bukan tanpa alasan, sejak ide 'romantis' ini bergulir pada 2008, banyak sejoli yang menyematkan 'gembok cinta' di jembatan tersebut sebagai simbol kesetiaan cinta.

Para turis dan remaja yang pernah mengunjungi jembatan ini menganggap pemandangan di jembatan Sungai Seine itu adalah salah satu yang paling romantis di dunia. Hingga membuat jumlah gembok mencapai ratusan ribu.

Dampaknya, pada Juni 2014 lalu, salah satu bagian jembatan runtuh karena tak kuat menahan 700 ribu gembok yang teramat berat. Karena itu, demi menjamin keselamatan wisatawan, pemerintah setempat memutuskan mengganti panel sisi jembatan.

Sebelumnya otoritas Paris mencoba memasang pengumuman untuk selfie atau berfoto berdua dengan pasangan ketimbang memasang gembok cinta. Namun langkah itu tak berhasil. Jumlah gembok tetap bertambah.

Seorang turis asal Chile, Javiera Pacheco mengaku kecewa dengan keputusan penggantian panel sisi jembatan. Bagi wanita yang datang bersama sang pacar bernama Marco, "Memasang gembok di jembatan Pont des Arts adalah hal yang paling romantis."

Pun demikian bagi Singh Sharry. Penjual gembok asal India itu mengaku bisnisnya harus dihentikan sejak panel berkawat diganti. Dia menilai, cara itu juga bisa mengikis daya taris wisatawan.

"Ini akhir dari bisnis kecilku dan juga akhir dari industri pariwisata di Paris," keluhnya.

Sebenarnya jembatan Pont des Arts bukanlah satu-satunya tempat untuk memasang gembok cinta. Ada juga jembatan Kota Venesia yang dijadikan lokasi penyematan kesetiaan dengan memasang gembok.

Namun pemerintah setempat mengeluarkan aturan denda sebesar 3.000 euro atau sekitar Rp 46 juta, serta penjara sampai 1 tahun bagi pasangan yang nekat memasang 'gembok cinta' di jembatan Venezia. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini