Sukses

Warga Suriah yang Masuk Irak Tinggal di Sekolah-sekolah

Pada Jumat 19 September lalu, pemerintah Turki memperbolehkan mereka memasuki wilayah Turki demi menghindari ISIS.

Liputan6.com, Irak - Sebuah jembatan di wilayah Khazer, Irak, Sabtu 20 September 2014 waktu setempat, dibom oleh kelompok ISIS. Sebelumnya, jembatan itu telah dikuasai kembali oleh pasukan Kurdi, Irak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (21/9/2014), tak hanya itu, kelompok ISIS juga meletakkan sejumlah jebakan bom di jalanan rumah dan ladang.

Sejak Selasa 16 September lalu, bentrok antara kelompok ISIS dan militer Kurdi pecah di kawasan Khazer yang berada 40 km dari utara kota Irbil, Irak, wilayah yang dihuni oleh mayoritas suku Kurdi. Di samping itu, bentrok antara kelompok ISIS dengan militer Kurdi juga terjadi di puluhan desa di bagian utara Suriah.

Tak mengherankan,  ribuan pengungsi Suriah terus berdatangan ke Turki untuk mencari perlindungan. Namun, ketika sampai di wilayah perbatasan, mereka justru dihujani oleh gas air mata yang ditembakkan polisi Turki.

Sementara itu, sekitar 2.000 pengungsi Suriah yang telah berhasil memasuki Turki tinggal di sekolah-sekolah di provinsi Saliurfa. Pada Jumat 19 September lalu, pemerintah Turki memperbolehkan mereka memasuki wilayah Turki demi menghindari ISIS. (Yus)

Baca Juga:

Hindari ISIS, 45 Ribu Warga Suriah Ungsi ke Turki dalam Semalam

ISIS Bebaskan 49 Warga Turki yang Disandera

Buru ISIS, Australia Lancarkan Penggerebekan Besar-besaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.