Sukses

Badai Fung Wong di Filipina Renggut Nyawa 5 Warga

Gubernur Imee Marcos mengatakan, banjir dan pohon tumbang akibat badai Fung Wong di Filipina menutup sejumlah jalan di provinsinya.

Liputan6.com, Jakarta Badai Tropis Fung Wong di Filipina menewaskan paling tidak 5 orang dan menyebabkan lebih 200.000 mengungsi dari rumah mereka. Badai yang membawa hujan deras tersebut menyebabkan banjir parah dan kerusakan di ibu kota Manila dan beberapa provinsi di utara.

Dewan Pengelolaan dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional melaporkan lebih 700.000 orang menjadi korban Fung Wong. Pada salah satu provinsi, gubernur Imee Marcos dilaporkan harus menyelamatkan diri di kamar tidurnya.

"Saya bisa dibilang terjebak di kamar tidur dengan generator, beberapa komputer dan telepon, saya bahkan tidak bisa pergi ke seberang jalan," kata Marcos kepada kantor berita Associated Press lewat telepon dari ibu kota Laoag, sekitar 400 km utara Manila seperti dilansir BBC, Sabtu (20/9/2014).

Marcos mengatakan, banjir dan pohon tumbang menutup sejumlah jalan di provinsinya. Regu penyelamat menuju daerah di mana para korban terjebak banjir, sementara bantuan disebarkan.

Kantor pemerintah di Ibukota Manila dan 15 provinsi ditutup sejak Jumat 18 September lalu, sementara Pasar Saham Filipina menutup perdagangan. Kantor cuaca pemerintah memperkirakan curah hujan sebulan jatuh dalam waktu semalam. Badai sekarang mengarah ke Taiwan dari Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.