Sukses

Terlindas Bus, Seorang Nenek Jemaah Haji asal Solo Meninggal

Peristiwa ini terjadi di Terminal Bus Al-Ghazza, Kota Mekah, Arab saudi.

Liputan6.com, Mekah - Berita duka datang dari Tanah Suci. Seorang anggota jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 24 embarkasi Solo, Mudjijem Amat Sadjilah (73) meninggal karena terlindas bus yang ditumpanginya saat akan turun di Terminal Bus Al-Ghazza, Sabtu siang waktu Arab Saudi atau Sabtu malam WIB.

"Bus belum berhenti di tempatnya seharusnya berhenti. Pintu terbuka, jemaah turun," kata Kepala Bidang Pelayanan Pemulangan, Kedatangan dan Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Subhan Cholid, di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (20/9/2014).

Namun saat nenek tersebut turun, bus bergerak sehingga korban terjatuh dan terlindas bus.

Ia mengatakan calon haji dengan nomor paspor A8404471 terlindas bus Shalawat (yang mengantar jemaah dari penginapan ke Masjidil Haram) di pintu Terminal Bus Al-Ghazza oleh bus Rhawahel jurusan Al Ghazza-Bakhutmah yang dikendarai sopir asal Sudan. Terminal Ghazza adalah terminal untuk menuju Masjidil Haram.

Subhan juga meminta jemaah berhati-hati saat naik bus apalagi dalam kondisi jamaah berjubel. Ia juga meminta petugas di lapangan untuk memastikan agar pintu bus dibuka pada saat bus berhenti sempurna dan tidak berangkat sebelum pintu ditutup.

Menurut informasi yang diperoleh, tersangka sudah diamankan oleh Kepolisian Lalu Lintas Arab Saudi.

Kronologi kejadian, saat bus memasuki pintu masuk Terminal Al-Gazza beberapa penumpang meminta sopir untuk menurunkannya. Kemudian sopir membuka pintu namun belum semua penumpang turun bus berjalan.

Korban terjatuh dan terlindas roda belakang bus. Selanjutnya jenazah calon jemaah haji asal Solo itu dievakuasi dengan ambulans dan dibawa ke RSAS King Faisal. Kurang dari satu jam kemudian diterima kabar korban dinyatakan wafat. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini