Sukses

Tinggalkan Lisabon, SBY Bertolak ke New York

Di New York, Presiden dijadwalkan menghadiri sejumlah pertemuan terkait sidang tahunan PBB di Markas Besar organisasi tersebut.

Liputan6.com, Lisabon - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono bertolak menuju New York dari Pangkalan Militer Figo Maduro Lisabon, Portugal, yang akan ditempuh dalam 8 jam.

Rombongan berangkat Sabtu siang pukul 15.00 waktu Lisabon atau pukul 21.00 WIB. SBY melakukan kunjungan kenegaraan sejak Kamis lalu hingga Sabtu di Portugal.

Di New York, Presiden dijadwalkan menghadiri sejumlah pertemuan terkait sidang tahunan PBB di Markas Besar organisasi tersebut.

Selain ke New York, SBY juga dijadwalkan menuju Washington untuk menghadiri sejumlah acara. Sebelum kembali ke Tanah Air, SBY dan rombongan juga akan berada di Osaka Jepang.

Sebelumnya, saat berada Portugal, SBY menerima Kunci Emas Kota Lisabon sebagai tanda penghargaan dan persahabatan atas peran Presiden dalam mengembangkan kerja sama antara kedua negara dan juga kerja sama antara Lisabon dengan Jakarta.

"Saya berharap ke depan bisa mempromosikan budaya dan kerja sama kedua kota," kata Walikota Lisabon Antonio Costa saat menerima SBY dalam sebuah acara yang berlangsung di Balaikota Lisabon, Jumat sore waktu setempat atau Jumat malam waktu Jakarta.

Walikota Costa mengaku sangat bangga Lisabon menjadi salah satu kota yang dikunjungi pada akhir masa jabatan Kepresidenan SBY.

Sementara itu, Presiden SBY dalam sambutannya mengatakan Lisabon merupakan salah satu kota penting di mana penjelahan dunia berasal dari kota itu.

"Lisabon menjadi kota yang penting. Lisabon menjadi kota penting dari ekspedisi. Pionir kontak antara Eropa dan Asia," kata SBY. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.