Sukses

Jet Tempur AS Cegat Pesawat Bomber Rusia

Ada 6 pesawat Rusia yang dikabarkan hendak masuk zona udara Amerika Serikat.

Liputan6.com, Alaska - Dua jet tempur Amerika Serikat dilaporkan menghadang pesawat bomber atau pengebom Rusia yang hendak memasuki zona udara Negeri Paman Sam di Alaska.

Juru bicara militer AS mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Kamis 18 September 2014 lalu. Ketika itu, ada 6 pesawat Rusia yang dikabarkan hendak masuk zona udara Amerika.

Kemudian 2 jet tempur AS di Alaska datang dan menghadang 6 pesawat Rusia yang masing-masing terdiri dari 2 pesawat bomber, 2 jet tempur Mig-31, dan 2 pesawat tanker IL-78.

"Jet F-22 di bawah komando NORAD (Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara) melacak dan mencegat pesawat-pesawat tersebut di Alaska Barat," kata juru bicara tersebut, seperti dimuat Reuters, Sabtu (20/9/2014).

Tak dijelaskan lebih jauh bagaimana kejadian selanjutnya. Tapi dipastikan bahwa pesawat Rusia belum masuk zona udara AS.

Pada hari yang sama, Kamis 18 September, jet tempur Kanada juga mencegat 2 pesawat bomber Rusia yang hendak masuk zona udara Kanada, ADIZ.

Juru bicara NORAD John Cornelio mengatakan, pencegatan terhadap pesawat Rusia telah terjadi lebih dari 50 kali dalam 5 tahun terakhir. Ketika itu, pesawat Rusia hanya melakukan latihan terbang.

"Jadi kami tidak melihat ada ancaman," ujar John Cornelio.

AS dan Rusia saat ini bersitegang terkait sikap atas Ukraina. Amerika berada di kubu pemerintah Ukraina, sedangkan Rusia mendukung pihak pemberontak Ukraina. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.