Sukses

Perang ISIS-Kurdi, Warga Suriah Banjiri Perbatasan Turki

Sekitar 3.000 warga Suriah meninggalkan tempat tinggalnya di wilayah utara Suriah menyusul pertempuran antara militan ISIS dengan Kurdi.

Liputan6.com, Dikmetas - Sekitar 3.000 warga Suriah meninggalkan tempat tinggalnya di wilayah utara Suriah menyusul meletusnya pertempuran antara militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan pasukan Kurdi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (19/9/2014?), mereka membanjiri daerah perbatasan Turki dekat Desa Dikmetas di Distrik Suruc dan berupaya memasuki wilayah Turki.

Namun mereka dihadang dan tak dizinkan memasuki wilayah Turki oleh pasukan keamanannya yang menjaga perbatasan. Mereka diminta kembali ke Distrik Kobani yang berada 15 kilometer dari perbatasan Turki.

Bahkan sempat terjadi ketegangan antara tentara Turki dan warga Kurdi di Turki yang berupaya menolong saudara-saudaranya dari Suriah.

Saat ini pertempuran sengit berlangsung di Desa antara Tell Abyad dan Distrik Kobani. Distrik Kobani yang sebelumnya dikuasai partai Uni Demokratis Suriah, kini diambil alih militan ISIS.

ISIS mengkalim berhasil merebut 21 Desa Kurdi hingga mendorong warga Kurdi meninggalkan kampung halamannya. Turki sendiri tidak ingin terkena imbas pertempuran dan menguatkan penjagaan di perbatasan untuk membendung masuknya milisi bersenjata ke wilayahnya. (Rmn)

Baca juga:

Serangan Udara Prancis Hancurkan Markas ISIS di Irak

Berangkatkan 2 Orang Gabung ISIS, Warga New York Diadili AS

Muslim Inggris Minta ISIS Bebaskan Alan Henning

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.