Sukses

Daftar Tunggu Naik Haji di Jawa Tengah Hingga 14 Tahun

Umat muslim di Klaten dan seluruh wilayah Jawa Tengah harus bersabar menunggu antrean untuk bisa naik haji hingga 14 tahun.

Liputan6.com, Klaten - Setiap hari, ruang seksi penyelenggara haji dan umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus didatangi oleh umat muslim yang ingin mendaftar ibadah haji. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (19/9/2014), kaum muslim yang berniat untuk melakukan rukun Islam yang kelima saatini harus ekstra sabar. Mereka yang mendaftar tahun ini baru bisa berangkat 14 tahun lagi alias 2028. 

Ada beberapa hal yang membuat antrean semakin lama. Mulai dari faktor tingginya kesadaran masyarakat melakukan ibadah haji hingga pengurangan kuota haji akibat belum selesainya renovasi kompleks Masjidil Haram.

Para calon haji yang baru mendaftar berharap, pemerintah Indonesia bisa mengajukan kuota tambahan kepada negara Arab Saudi agar daftar tunggu haji bisa lebih cepat.

Sebelumnya, Kementerian Agama sempat memunculkan wacana agar haji itu diperuntukkan bagi yang belum sama sekali dan yang sudah berhaji diharapkan untuk dapat menahan diri.

Daftar tunggu haji yang mencapai 14 tahun lagi itu tidak hanya berlaku di wilayah Klaten, namun juga di seluruh wilayah Jawa Tengah. Meski demikian, calon haji yang berusia lanjut tetap akan mendapat prioritas atau didahulukan. (Yus)

Baca Juga:

Ketekunan Membawa Kakek Tukang Bengkel Sepeda Naik Haji

Jelang Puncak Haji, 3 Jemaah Haji Asal Solo Meninggal Dunia

Razia Senjata Tajam Calon Jemaah Haji di Surabaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini