Sukses

Mobil Asing Banjiri IIMS, Jokowi Beri Peluang Produk Dalam Negeri

Menurut Jokowi, kemampuan anak negeri untuk memproduksi mobil maupun motor buatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 tengah digelar. Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) berharap, pada tahun-tahun mendatang industri otomatif dalam negeri bisa lebih bersaing dengan produk luar negeri dalam pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Kita sudah berapa tahun kita merdeka? Masak buat pesawat saja bisa, tapi mobil nggak? Logikanya itu," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014).

Menurut Jokowi, kemampuan anak negeri untuk memproduksi mobil maupun motor buatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa di antaranya yaitu karya para siswa SMK di Solo, Jawa Tengah yang telah membuat mobil Esemka. Mobil tersebut bahkan sempat diproduksi secara massal, namun upaya tersebut kurang mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

"Diproduksi bisa, tapi nggak bisa dipasarkan karena banyak regulasi, itu problemnya. Oleh sebab itu keberpihakan pemerintah harus ada," kata dia.

Jokowi pun berjanji pada masa pemerintahannya nanti, akan membuka jalan bagi industri otomotif dalam negeri untuk lebih berkembang dan menjadi ikon nasional, untuk dapat bersaing dengan industri otomotif dari luar negeri.

"Ini harus diberi peluang jadi produk yang brand Indonesia dan kredibel diberi peluang. Itu nanti bisa minta dukungan swasta atau BUMN, bisa dua-duanya," demikian Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini