Sukses

BKSDA Serang Gagalkan Penyelundupan Puluhan Kera Ekor Panjang

Petugas sudah mengintai mobil bak terbuka pengangkut puluhan kera ekor panjang itu saat turun di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Serang - 79 Kera ekor panjang asal Sumatera yang akan diselundupkan ke Jakarta, berhasil diselamatkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah 1 Serang, Banten. Puluhan primata bernama Latin Macaca fascicularis ini berhasil diselamatkan setelah sang supir yang mengendarai kendaraannya secara ugal-ugalan dan mengalami kecelakaan.

"Kami sudah mata-matai, kami intai terus. Karena dalam pengejaran keliatannya sopir tidak konsentrasi membawa mobil akhirnya tabrakan," kata Kepala Seksi Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah I Serang Andri Gibson di Kota Serang, Banten, Kamis (18/9/2014).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, petugas sudah mengintai mobil bak terbuka berpelat polisi BE 9842 VF saat turun di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Sopir dan kernet menaruh kera ekor panjang di dalam boks mobil yang ditutupi oleh pisang guna mengelabui petugas. Tapi nahas tak dapat dihindari, mobil ini mengalami tabrakan dengan kontainer di Jalan Tol Belaraja-Tigaraksa, Kabupaten Tangerang yang mengakibatkan pengendara dan kernetnya mengalami luka parah.

"Kita menduga kuat puluhan kera ini akan dijual untuk keperluan rumah makan karena otaknya mengandung gizi," jelas dia.

Penyelundupan satwa liar dengan menyembunyikan di bawah tumpukan buah-buahan terbilang cara baru, "akibatnya dapat diancam denda sebesar Rp 250 juta karena melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 07 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa," tegas Andri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.