Sukses

Anas: Di Ujung Palu Hakim, Ada Keadilan yang Tegas Berdiri

Anas Urbaningrum berharap bahwa majelis hakim dapat bersikap adil dalam memutus perkaranya nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hampir seharian, terdakwa Anas Urbaningrum beserta penasihat hukum membacakan nota pembelaan atau pleidoi, sidang akhirnya ditutup. Sebelum sidang ditutup Ketua Majelis Hakim Haswandi menanyakan terdakwa dan jaksa penuntut umum atas jalannya sidang.

Hakim lebih dulu memberikan kesempatan kepada jaksa untuk menanggapi seluruh pleidoi yang telah disampaikan. Jaksa Yudi Kristiana, mewakili tim jaksa KPK menegaskan tetap pada tuntutan semula.

"Jaksa penuntut umum bersikap dengan mengingat objek penegakan hukum progresif dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan pencucian uang, tanpa mengesampingkan penegakan hukum dengan pendekatan yang humanis, maka kami tetap pada tuntutan sebagaimana yang sudah kami ajukan sebelumnya," ujar Yudi di Pengadilan Tipokor, Jakarta Kamis (18/9/2014) jelang tengah malam.

Hakim kemudian mempersilakan Anas untuk menanggapi kembali pendirian jaksa yang tetap pada tuntutan semula. Anas tetap menolak segala tuntutan yang ditujukan jaksa padanya.

"Karena itulah atas dasar fakta persidangan mohon kiranya majelis hakim berkenan memberikan putusan bahwa terdakwa tidak terbukti bersalah, membebaskan terdakwa dan mengembalikan harkat dan martabat hidup terdakwa," kata Anas.

Anas mengatakan, pihaknya berkeyakinan nota pembelaannya disusun berdasarkan logika ilmu yang komprehensif. Atas dasar itu, Anas menyatakan tetap pada nota pembelaannya.

Dia berharap bahwa majelis hakim dapat bersikap adil dalam memutus perkaranya nanti. "Di ujung palu hakim, ada keadilan yang tegas berdiri," ujar Anas.

Majelis Hakim kemudian menunda sidang terdakwa Anas Urbaningrum hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan putusan hakim. "Kita lanjutkan tanggal 24 September 2014 jam 2 siang. Sidang kami tutup," ujar Haswandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini